5 Tips Sukses Jadi Entrepreneur dari Sandiaga Uno

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
30 October 2018 11:19
5 Tips Sukses Jadi Entrepreneur dari Sandiaga Uno
Jakarta, CNBC Indonesia- Banyak milenial yang bermimpi menjadi pengusaha sukses. Untuk mewujudkan mimpi tersebut, Sandiaga Uno punya tipsnya. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu memberikan bebeapa kunci untuk bisa menjadi pengusaha.



1. Menjaga Pertemanan
Penting menjaga pertemanan dalam dunia bisnis. Sandiaga menekankan agar milenial selalu menjaga hubungan baik dengan semua orang. Belajar dari pengalaman, ia berhasil sukses seperti sekarang karena bisa menjaga hubungan baik dengan banyak temannya.


"Bagaimana kita menjaga persahabatan. Seperti saya dan Bang Erick Tohir berteman sudah lama, lalu kami join usaha yang awalnya saya cuma punya 3 karyawan sekarang menjadi 30 ribu. Itu karena konsep saya membangun usaha adalah silaturahim, sharing ekonomi," jelas Sandiaga saat berbicara di Milenial Fest, XXI Ballroom, Djakarta Theater.

2. Speed
Mengikuti perkembangan zaman yang semakin digital, Sandiaga Uno menyarankan untuk 'bergerak' cepat kalau mau sukses. Ia mengingatkan kalau milenial hanya mempunyai space attention kurang dari sepuluh menit. Sementara milenial menjadi pasar terbesar dalam industri saat ini.

"Saya punya anak milenial, milenial itu punya space attention hanya 10 menit, di atas itu dia nggak lagi fokus. Jadi gimana caranya kita bergerak cepat saat menjadi pengusaha biar nggak keduluan sama yang lain," tambahnya.

3. Kolaborasi
Pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak jika ingin bisnis berkelanjutan. Kini memang trennya berkolaborasi mengikuti sistem sharing ekonomi. Makanya milenial harus pro aktif dan memperluas networking untuk mencari partner kolaborasi terbaik.

4. Berinovasi
"Kalau milenial ingin maju tergantung bagaimana mereka berinovasi. Seseorang yang sukses harus bisa berinovasi untuk menciptakan sesuatu yang baru," kata Sandiaga.

5. Berani Mengambil Risiko
Jangan berharap bisa sukses jika hanya berada di zona nyaman. Milenial yang berani mengambil risiko akan lebih sukses dibanding yang tidak mau melangkah. Jadi menurut Sandiaga, jangan hanya diam saja tapi berani melangkah untuk menggapai mimpi.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading