Mau Sukses di Usia 30-an? Ini 3 kuncinya

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 October 2018 16:40
Mau Sukses di Usia 30-an? Ini 3 kuncinya
Jakarta, CNBC Indonesia- Secara keseluruhan, ada tiga hal yang perlu Anda lakukan untuk menemukan kesuksesan dan kepuasan di awal kehidupan. Menurut Scott Galloway, seorang pengusaha sukses yang juga profesor di Sekolah Bisnis Stern New York University mengatakan bahwa hal pertama adalah bersiaplah untuk bekerja keras.

Dilansir dari CNBC Make It, Galloway memberitahu bagaimana millenial dapat mengatur diri mereka sendiri untuk menjadi sukses dan bahagia sebelum usia 30 tahun. Lantas apa saja yang harus diperhatikan, berikut adalah paparannya.





Keseimbangan adalah mitos
"Jika Anda memiliki cita-cita nyata tentang berada di atas bidang Anda dan di persentil atas penghasilan, saya tidak tahu siapa yang telah melakukan itu tanpa cukup banyak mencurahkan 10 hingga 20 tahun dalam hidup mereka, melakukan apa pun kecuali bekerja," kata Galloway.

Pria yang telah mendirikan beberapa perusahaan, termasuk L2 Inc di New York City dan juga direksi di The New York Times. "Sadari bahwa hidup seimbang itu mitos," pesannya. Mungkin ada mengenal atau mengetahui ada orang yang sempat jadi relawan, hubungan keluarga sangat erat, hasilkan jutaan rupiah, dan masih punya blog tentang film atau makanan.

Nah, Anda harus menekankan diri bahwa itu bukan Anda. "Jika Anda berusaha dan berharap berada di 10 persen pendapatan teratas apalagi satu persen teratas, Anda harus kerja, kerja, dan kerja," kata Galloway. 

Sang profesor bergurau bahwa formula semacam itu dapat tampak menyedihkan, tetapi dia juga mencatat bahwa fokus hampir secara eksklusif pada pekerjaan pada usia dini dapat memberi hasil di kemudian hari. Kurangnya keseimbangan kerja dan hidup di usia 20-an itu berarti lebih banyak keseimbangan dan kenyamanan finansial di kemudian hari.

Pergi ke kota besar
Salah satu hal yang terbesar adalah apakah Anda pindah ke (atau dekat) kota besar di awal kehidupan. Menurutnya, menyambangi beberapa kota dengan perekonomian yang baik akan membuka mata dan pikiran Anda untuk melihat kesuksesan dalam bekerja.

"Pergilah ke kota. Dua pertiga dari semua pertumbuhan ekonomi akan terjadi di kota-kota besar," kata Galloway.

Galloway sendiri telah membagi banyak karirnya antara kota-kota besar seperti, New York City dan San Francisco. Selain peluang yang jelas untuk mendapatkan lebih banyak uang dengan bekerja di kota besar, Galloway mengatakan alasan penting lainnya untuk memilih kehidupan perkotaan adalah bahwa meningkatnya persaingan akan memaksa Anda untuk membangun diri sendiri.

"Ketika Anda berada di kota, Anda bermain tenis dengan seseorang yang lebih baik dari Anda. Jika Anda pernah bermain tenis, dan Anda bermain dengan seseorang yang lebih baik dari Anda, permainan Anda menjadi lebih baik. Anda ingin bermain tenis dengan yang terbaik, dan pemain terbaik - secara profesional, kreatif - berada di kota-kota.


Tingkatkan kualifikasi Anda
Kunci lain untuk sukses, menurut Galloway, adalah menggunakan pendidikan untuk merapikan kualifikasi Anda. "Saya pikir Anda memerlukan gelar atau sertifikasi yang bagus," katanya.

Dan sementara orang dengan gelar sarjana memperoleh penghasilan jauh lebih banyak daripada orang lain, Galloway juga menyadari bahwa kuliah bukan untuk semua orang.

Dia mengatakan memperkuat kredensial Anda akan membantu Anda menonjol ketika datang untuk mendapatkan pekerjaan atau promosi yang akan menempatkan Anda pada jalan menuju kesuksesan, kekayaan, dan kebahagiaan.

"Anda membutuhkan sesuatu yang dapat membedakan Anda secara digital dari orang lain, karena seluruh dunia sekarang adalah mencari satu profil formal yakni di LinkedIn. Dan,  perlu orang tahu bahwa Anda memiliki kredensial yang memisahkan Anda dari orang lain," kata Galloway. 

Tidak hanya itu, untuk melakukan semuanya, pindah ke kota, mendapatkan gelar atau sertifikasi sangatlah disarankan pada usia dini. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading