Ingin Jadi Pemimpin Terbaik? Ingat Jurus 5-I Ini

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 October 2018 20:44
Ingin Jadi Pemimpin Terbaik? Ingat Jurus 5-I Ini
Jakarta, CNBC Indonesia- CEO DBS Group Piyush Gupta mengatakan untuk jadi pemimpin handal cukup mengikuti tips 5I ini.

Piyush, yang merupakan CEO bank terbesar di Asia Tenggara, menulis tips ini di akun LinkedIn-nya baru baru ini. Ia menulis perjalanannya selama 35 tahun membuatnya mengidentifikasi 5 kualitas inti yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin hebat dan semua dimulai dari huruf 'I"

"Kita hidup di zaman yang menarik. Dengan disrupsi digital, pekerjaan masa depan akan sangat berbeda dari apa yang dilakukan hari ini," tulis Gupta, dikutip dari CNBC Make It, Selasa (9/10/2018).





"Kita semua adalah pemimpin dalam hak kita sendiri. Di mana pun kita berada, dan apa pun yang harus kita lakukan, jika kita dapat mencontohkan lima kualitas ini, kita dapat membuat perbedaan besar di tengah perubahan sekitar kita," tulis Gupta. 

Berikut adalah lima gaya kepemimpinan Gupta yang bisa ditiru menurut CNBC Make It.

Individual Akuntabilitas

Di tempat kerja, terutama di perusahaan besar, dapat dengan mudah melakukan sesuatu berdasar rantai keputusan atau mengikuti konsensus. Tulis Gupta dalam postingannya.

Tetapi, seorang pemimpin tidak begitu. Pemimpin adalah orang yang secara individu bertanggung jawab atas pekerjaan mereka, tidak melemparnya ke orang lain. Sehingga dalam ambil keputusan, dia akan mengklaimnya sekaligus bertanggung jawab terhadap dampaknya.

"Pemimpin adalah orang-orang yang memiliki pandangan ujung ke ujung dari seluruhnya, dari dunia mereka dan dari pekerjaan mereka. Mereka mengambil kepemilikan, pemecahan masalah, dan berpegang pada gagasan bahwa ini bersama mereka," tulis Gupta.

Inisiatif
Gupta mendefinisikan inisiatif sebagai kapasitas untuk menentukan waktu dan agenda.

Mampu melakukan itu, dan memprioritaskan area di mana Anda dapat membuat dampak - terutama dalam menghadapi gangguan eksternal yang sangat penting bagi kepemimpinan yang baik.

"Trik nyata dalam kepemimpinan adalah, bagaimana kita bisa mendefinisikan agenda yang bisa menempatkan pekerjaan kita, pengurus atau komunitas ke posisi yang lebih baik daripada apa yang kita warisi atau kita bangun" kata Gupta.

Inovasi
"Dalam dunia yang berubah dengan cepat ini, sekarang lebih dari sebelumnya, para pemimpin perlu merangkul semangat inovasi," tulis Gupta.

Inovasi belum tentu tentang menciptakan iPhone baru, lanjutnya. Ini tentang memiliki kapasitas untuk mempertanyakan status quo.

"Pemimpin mempertanyakan mengapa hal-hal dilakukan sebagaimana adanya, dan menjadikannya prioritas untuk membayangkan kembali apa pekerjaan yang sebenarnya harus dilakukan," tulisnya.

Inspirasi
Pemimpin yang baik juga perlu memiliki visi yang kuat, percaya sepenuhnya dan dapat mengkomunikasikannya kepada orang lain sehingga mereka juga mempercayainya.

Menurutnya, orang lain tidak perlu hanya menjadi junior tetapi mereka juga bisa menjadi rekan, musuh, dan senior juga, kata Gupta.
Para pemimpin menginspirasi orang lain, dan membawa orang-orang bersama mereka dalam suatu perjalanan," tulisnya.

Intensi
Akhirnya, para pemimpin juga harus memiliki niat atau intensi yang baik untuk diri mereka sendiri sebagai individu dan yang mereka pimpin.

"Apa tujuan kita di bumi? Mengapa kita dilahirkan? Apa yang akan kita tinggalkan sebagai warisan? Jika kita mampu memahami jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, dan bertindak dengan tujuan tertentu, itu akan menjadi sangat luar biasa," ungkap dia.


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading