Cara Gen Halilintar Didik 11 Anak Menjadi Entrepreneur

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 October 2018 12:04
Gen Halilintar mendidik 11 anaknya berjiwa entrepreneur sejak dini
Jakarta, CNBC Indonesia- Memiliki cita-cita tidak hanya sekedar menjadi dokter, guru dan pilot. Menjadi pengusaha mungkin bisa menjadi alternatif yang dikenalkan pada anak.

Orang tua dari kesebelasan Gen Halilintar, yakni Halilintar Anofial Asmid (ayah) dan Lenggogeni Faruk (ibu) selalu mendukung setiap anaknya termasuk menjadi artis dan pengusaha.




Mengenai jiwa pengusaha sendiri, mungkin lantaran sang ayah memiliki profesi sebagai pedagang dan pengusaha. Halilintar pun mengaku bahwa selalu membawa anaknya ke pasar bahkan semenjak dalam kandungan. Menurutnya dengan mengenalkan  secara natural maka anak-anaknya akan mengetahui apa yang orang tua-nya jalankan.

"Jadi mungkin apa yang kita geluti dalam dunia dagang dan bisnis anak-anak bisa dilibatkan. Sebab mereka bisa melihat sendiri bagaimana orang tua-nya bernegosiasi dan itu saya rasa cara yang tepat," kata Halilintar kepada CNBC Indonesia di konferensi pers Youtube Fanfest, Kamis pekan lalu. 

Dia pun menuturkan bahwa selalu mengajarkan kesebelas anak-anaknya untuk mempunyai target-target tertentu. Ini dilakukan agar mereka bagaimana tahu cara mencapai kesuksesan tidaklah mudah.

Kemudian, Halilintar pun selalu mengajarkan kesebelas  anaknya tentang pengelolaan keuangan sejak dini, seperti cara memutar uang, mengenalkan laba-rugi dan trik marketing. Halilintar dan Lenggogeni pun tidak pernah lupa  untuk mengajarkan anaknya berkomunikasi dengan baik dihadapan orang lain dan bersikap mandiri.

Hal tersebut  merupakan penunjang bisnis yang penting untuk tahu bagaimana menghadapi pembeli dengan baik. Bahkan tak jarang mereka pun memberikan pujian dan motivasi bilamana mereka berhasil melakukan satu tahap. 

"Intinya tidak hanya teori tapi juga praktek karena menjadi seorang wirausahawan, berarti memiliki kemampuan untuk menjadi problem solver bagi setiap masalah yang dihadapi. Jadi anak-anak dari kecil sudah aware karena kita selalu sharing tentang apapun termasuk perekonomian keluarga kami," kata dia.
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading