Bisnis Waralaba

Mau Buka Usaha Lewat Franchise? Simak Dulu Tips Berikut

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 July 2018 06:10
Para milenial yang ingin mencoba bisnis waralaba ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini dunia bisnis bukan lagi menjadi liga para pengusaha yang berusia tua. Kenyataanya, kaum muda atau generasi milenial secara mengejutkan sudah mulai mendominasi dunia bisnis.

Ya, bisnis tersebut umumnya dimulai dari hal-hal sepele namun bersifat viral. Meski begitu bagi para milenial yang ingin mencoba bisnis waralaba ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Andrew Nugroho mengatakan bahwa pertama-tama siapkan konsep bisnis yang sesuai dengan minat. Jika tidak sesuai dengan minat dan hanya mengikuti maka bisnis yang dipilih sulit untuk berkembang.


"Ya bagi anak-anak muda yang mau berbisnis franchise pastikan tentukan konsep bisnis. Dalam menangani bisnis waralaba susah-susah gampang untuk itu pilihlah branding yang baik," kata Andrew kepada CNBC Indonesia seperti dikutip Minggu (29/7/2018).

Dia menuturkan, untuk pertama datangi kantor penyedia franchise secara langsung dan tanyakan secara detail mengenai mekanisme nya. Khusus tren waralaba kekinian, pastikan penyedia jasa franchise tersebut tidak one single player.

Sebab hal tersebut akan menyulitkan bisnis Anda. Bahkan untuk mendevelop bisnis Anda pun akan sangat lama prosesnya.

"Yang berniat waralaba datangi kantornya bukan hanya gerai dan konsep bisnis saja tapi harus punya accounting dan tim yang kuat khususnya pembelian dan pelatihan. Jangan sampai bisnis itu one single player karena Anda akan kesulitan dalam menjalankan bisnis. Dan penyedia franchise itu akan sulit mendukung bisnis kita," ucap dia.

Hindari memikirkan untung lebih cepat bila ingin sukses dalam jangka panjang. Memang betul menjual konsep dapat mendapatkan uang dengan mudah tapi mematangkan konsep dan terus berinovasi itu akan jauh lebih menguntungkan bagi bisnis kedepannya.

Perhatikan cara penjulan yang tepat dan beragam. Tidak hanya buka toko tapi juga harus luas seperti online dan delivery order. (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading