Milenial, Bos Wardah Punya Rumus Sukses untuk Kamu

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
04 June 2018 - 11:58
Milenial, Bos Wardah Punya Rumus Sukses untuk Kamu
Jakarta, CNBC Indonesia - Nurhayati Subakat, salah satu pebisnis wanita yang sukses menguasai pasar kosmetik di Indonesia. Dia adalah pendiri PT Paragon Technology and Innovation yang menaungi empat brand lokal populer, Puteri, Wardah, Make Over, dan Emina.

Wanita yang mendirikan perusahaan sejak 1985 itu mampu mempertahankan bisnisnya sampai sekarang. Kini Wardah menjadi merek kosmetik nomor satu di bidang penjualan moisturizer atau pelembab. Wardah berhasil mengalahkan merek kosmetik lainnya yang banyak hadir di Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]


Produknya juga berhasil menguasai 30% dari pasar kosmetik di Indonesia. Tak hanya itu, Nurhayati telah memiliki lebih dari 10.000 karyawan serta pabrik seluas 20 hektar. Belajar dari pengalaman, wanita 67 tahun ini memberikan rumus sukses membangun bisnis yang sustainable untuk milenial.

"Jadi kalau saya perhatikan dan saya pelajari, tidak lebih dari marketing mix 4P ditambah 1P lagi jadi 5P bagi saya," ujar Nurhayati Subakat saat diwawancarai secara eksklusif oleh CNBC Indonesia di kantor PT Paragon Technology and Innovation, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

1. Product

Salah satu dari formula 4P yang dimaksud adalah product. Bagaimana bos Wardah itu bisa menciptakan produk yang dibutuhkan masyarakat. Tidak hanya itu, inovasi membuat produk juga menjadi kunci penting dalam mempertahankan kesuksesan.

"Kita tagline-nya satu hati berinovasi. Salah satu tips supaya sukses gimana bisa terus berinovasi. Kami selalu mengeluarkan produk baru, dalam satu tahun itu minimum 100 item produk baru dari semua brand," papar Nurhayati.

2. Pricing

Harga juga menjadi fokus dari Nurhayati dalam membangun bisnisnya. Ia berusaha menekan harga agar tetap terjangkau untuk semua kalangan. "Kami tekankan konsepnya buat barang bagus harga bersaing jadi konsep itu kita terapkan sampai sekarang," tambahnya.

3. Positioning

Ya, positioning juga selalu diperhatikan untuk bisa mempertahankan pasar. Nurhayati membuat produk kecantikan yang dikenal halal dan bisa digunakan untuk semua kalangan. Seperti Wardah Cosmetics yang dipercaya mampu menjawab kebutuhan muslimah dalam menjaga kecantikan mereka.

4. Promotion

"Konsep marketing mix, tim itu bisa membuat produknya bagus, harga bersaing, kemudian promosi bagus, distribusi bagus, sehingga produk ini bisa menjadi market leader sekarang," katanya.

Nurhayati selalu melakukan variasi promosi seperti menghelat berbagai acara hijab, bekerjasama dengan selebriti, influencer, hingga mengikuti rangkaian pekan mode internasional. Tak heran, bila nama brand miliknya terus eksis.

Lalu, apa tambahan 1P yang dimaksud Nurhayati? Ia mengatakan, 'P' yang terakhir adalah pertolongan Allah SWT.

"Satu lagi pertolongan Allah, bagaimana bisa kita dapatkan? Kita bisa menerapkan value dari perusahaan di mana ada ketuhanan, keteladanan, kekeluargaan, tanggung jawab, fokus pada pelanggan, dan berinovasi. Kalau kita selalu menebar kebaikan, kerja keras, insyaallah akan sukses," sarannya lagi.

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading