Jadi Loper Koran dan 4 Fakta Unik Tentang Warren Buffett

Entrepreneur - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
05 May 2018 14:30
Jadi Loper Koran dan 4 Fakta Unik Tentang Warren Buffett
Jakarta, CNBC Indonesia - Orang terkaya ketiga dunia, Warren Buffet memiliki perjalanan panjang dalam berbisnis. Pria yang dikenal sebagai investor paling sukses di dunia dengan kekayaan bersih sebesar US$ 82,9 miliar itu mempunyai berbagai fakta unik di balik keberhasilannya.

Sebelum menjadi miliuner seperti sekarang Buffet pernah bekerja menjadi loper koran dengan bayaran minim. Berikut lima fakta menarik tentang pimpinan dari perusahaan konglomerat multinasional Amerika, Berkshire Hathaway Inc. itu.

1. Jadi Loper Koran


Salah satu pekerjaan pertama Buffet adalah pernah menjadi loper koran untuk The Washington Post. Dari pekerjaannya sebagai loper koran, Buffet digaji US$ 175 atau sekitar Rp 2,4 jutaan dalam sebulan.

2. Sangat Suka Minuman Bersoda

Buffet sangat menyukai minuman bersoda. Sejak kecil, ia mengaku suka minuman bersoda seperti Coca-cola dan Pepsi. Bahkan putranya menjulukinya 'Pepsi Warren'. Ia juga menghabiskan lebih dari US$ 1 miliar untuk membeli Coca-cola pada 1988 dan meminumnya setiap hari.

"Jika aku makan 2.700 kalori setiap hari, seperempatnya Coca-cola, aku minum setidaknya lima kali setiap hari," ujar Buffet seperti dilansir dari CNBC internasional.

Jadi Loper Koran dan 4 Fakta Unik Tentang Warren BuffettFoto: Reuters


3. Mencuri di Department Store

Siapa sangka kalau seorang Warren Buffet pernah mencuri di sebuah department store? Ya, Buffet mengaku pernah mengutil di department store lokal yakni di Sears saat usianya masih remaja.

Hal tersebut dilakukan sebagai wujud rasa berontak karena harus pindah ke Washington, D.C. dan meninggalkan Omaha, Nebraska, kota kelahirannya. Buffet memang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Omaha tapi harus pindah ke Washington karena sang ayah terpilih menjadi anggota Kongres.

Buffet kemudian berontak dan melawan kedua orangtunya. "Aku berontak pada awalnya di sekolah selama sekitar satu tahun dan aku benar-benar membuat diriku sakit tapi merasa tenang setelahnya. Aku tidak berpikir Washinton buruk tapi aku benci meninggalkan Omaha," ceritanya.

4. Kabur dari Rumah

Pria yang juga dikenal sebagai 'Oracle of Omaha' itu pernah kabur dari rumah. Ia bersama dua temannya saat remaja pergi ke Wisconsin Avenue dan mencari tumpangan. Ternyata perjalanan kabur dari rumah tak seperti yang mereka bayangkan dan akhirnya memilih kembali.

5. Masih Belanja Pakai Kupon

Meski sudah menjadi seorang miliuner namun Buffet masih suka belanja menggunakan kupon. Menurutnya, kupon makan atau belanja bagus untuk dimanfaatkan. Bahkan ia dikabarkan pernah membelikan Bill Gates, orang terkaya kedua di dunia, makan siang di McDonald's menggunakan sebuah kupon.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading