Ini Baru Sultan! Warren Buffett Sumbangkan Harta Rp 59 T

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
24 June 2021 11:13
File Photo: Berkshire Hathaway CEO Warren Buffett plays bridge during the Berkshire annual meeting weekend in Omaha, Nebraska May 3, 2015. REUTERS/Rick Wilking/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Investor kawakan dan salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett, mengumumkan dirinya akan menyumbangkan harta senilai US$ 4,1 miliar atau Rp 59 triliun lebih.

Harta yang akan dia sumbangkan tersebut adalah dalam bentuk saham dari Berkshire Hathaway, perusahaan investasi yang didirikan Buffett.

Dilansir dari CNBC International, Kamis (24/6/2021), sumbangan akan diberikan lewat lima yayasan, yaitu Bill & Melinda Gates Foundation, Susan Thompson Buffett Foundation, Sherwood Foundation, Howard G. Buffett Foundation, dan NoVo Foundation.


"Hari ini merupakan tonggak sejarah untuk saya. Pada 2006, saya berjanji untuk mendistribusikan seluruh saham saya di Berkshire Hathaway, yang nilainya lebih dari 99% dari kekayaan saya, untuk kegiatan filantropi. Dengan sumbangan US$ 4,1 miliar hari ini, saya sudah setengah jalan menuju janji tersebut," ungkap Buffett.

Di 2006 lalu, saat Buffett membuat janjinya, dia memegang 474.998 lembar saham kelas A dari Berkshire. Saat ini, Buffett memiliki 238.624 lembar saham Berkshire dengan nilai sekitar US$ 100 miliar.

Pada kesempatan tersebut, Buffett juga mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pengurus di Gates Foundation. Pengunduran diri ini dihubungkan dengan perceraian antara Bill Gates dan Melinda baru-baru ini.

Buffett memang cukup dikenal dengan kegiatan sosial dan filantropinya. Dia bersama Bill dan Melinda adalah pembuat program Giving Pledge, yang mensyaratkan anggota yang mau masuk untuk menyumbangkan setengah dari kekayaannya.

Menurut data terakhir dari Forbes, Buffett memiliki kekayaan US$ 104 miliar atau sekitar hampir Rp 1.500 triliun. Pria ini menduduki peringkat nomor 6 orang terkaya di dunia. Buffett dikenal sebagai investor saham kawakan, dan pertama kali membeli saham pada saat umur 11 tahun.


(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading