Inspirational Stories

Pernah Jadi Korban Bullying, Kini Jadi Orang Terkaya di Dunia

Entrepreneur - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 February 2021 15:24
elon musk

Jakarta, CNBC Indonesia - Hidup Elon Musk memang hampir sempurna termasuk jadi orang paling kaya se-Planet Bumi dengan US$187 miliar. Namun ternyata dia harus mengalami hal pahit termasuk jadi korban bullying sebelum merengkuh kesuksesan saat ini.

Kejadian bullying itu dirasakan saat Elon duduk di bangku sekolah. Bahkan pemilik SpaceX itu harus dilarikan ke rumah sakit setelah dipukul hingga pingsan dan dilempar ke tangga.

Namun bukan hanya itu, dia juga harus mengalami hal buruk setelah orang tuanya bercerai saat usianya 8 tahun. Elon dan adik nya, Kimbal memutuskan tinggal dengan sang ayah setelah peristiwa tersebut.

Namun Elon merasa keputusannya itu salah dan masalah dengan ayahnya mulai bermunculan. "Itu bukan ide yang bagus," ungkapnya dalam wawancara Rolling Stone, dikutip Business Insider, Jumat (19/2/2021).

CEO Tesla, Elon Musk, memperkenalkan Cybertruck di studio desain Tesla.Foto: CEO Tesla, Elon Musk, memperkenalkan Cybertruck di studio desain Tesla.



Walaupun mengalami masa kecil yang kurang bahagia. Elon juga masih menyimpan cerita bahagia, Di usianya 12 tahun, dia menjual game buatannya Blastar ke majalah komputer dengan harga US$500.

Beranjak dewasa bersama Kimbal, Elon meluncurkan Zip2. Startup itu mendapatkan investor dari sejumlah pihak dari Silicon Valley.

Lalu keberuntungan Elon muncul saat Compaq membeli Zip2 senilai US$ 341 juta dalam bentuk uang tunai serta saham. Ini membuat Elon mendapatkan US$22 juta.

Elon sempat dipecat oleh Paypal, namun akhirnya keberuntungan berbalik kepadanya saat layanan tersebut dibeli eBay tahun 2002. Dia menjadi pemegang saham tunggal terbesar di Paypal dan berhasil mendapatkan US$165 juta dari US$1,5 miliar hasil penjualan perusahaan tersebut.

Karir cemerlang Elon dilirik Hollywood dan menginspirasi sebagian cerita Iron Man. Penggambaran tokoh utama pada film itu, Tony Stark didasarkan pada bos Tesla itu.

Sejauh ini, Elon diketahui memiliki perusahaan besar yakni SpaceX dan Tesla. Selain itu dia juga mendirikan Neuralink pada 2017.

Neuralink didirikan untuk membangun perangkat yang bisa diimplan pada otak manusia.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading