Internasional

Pebisnis Sukses Ini Memulai Bisnis Ketika Berusia 30 Tahun

Entrepreneur - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
02 May 2018 13:39
Pebisnis Sukses Ini Memulai Bisnis Ketika Berusia 30 Tahun
Jakarta, CNBC Indonesia - Keberhasilan miliarder seperti Mark Zuckerberg dan Bill Gates mungkin tampak begitu inspiratif, tetapi keberhasilan ini di luar kebiasaan. Meski begitu, menurut studi Rich Habits yang dikutip oleh Business Insider ada lebih dari 200 jutawan yang sukses membangun bisnis mereka sendiri di usia 32 tahun.

Jika Anda belum meluncurkan bisnis miliaran dolar atau mencetak posisi CEO, mungkin solusinya adalah harus bekerja di perusahaan ternama. Berikut adalah beberapa pemimpin bisnis yang sukses setelah usia 30 tahun dilansir CNBC Make It.

1. Oprah Winfrey

Terlahir dalam kemiskinan dan menjadi orang tua tunggal, Oprah Winfrey tumbuh dalam keluarga berpenghasilan rendah di pedesaan Mississippi (AS). Kemudian pada usia 32 tahun, di acara bincang-bincang pertamanya yang ditayangkan secara nasional, Winfrey menjadi sukses dan merajai bisnis media.

2. Jeff Bezos

Jeff Bezos awalnya mendirikan Amazon sebagai toko buku online pada usia 31 tahun. Saat ini, Amazon menjual hampir semua hal. Kini pengusaha berusia 54 tahun itu menjadi orang terkaya di dunia.
Pebisnis Sukses Ini Memulai Bisnis Ketika Berusia 30 TahunFoto: REUTERS/Abhishek N. Chinnappa

3. Doris Fisher

Dinamakan sebagai salah satu dari 100 wanita paling kuat di dunia versi majalah Forbes, Fisher mendirikan Gap dengan mendiang suaminya pada usia 37 tahun. Toko ritel ini akhirnya diperluas hingga mencakup Old Navy dan Banana Republic.

4. William Lever

Pada tahun 1886, pria berusia 35 tahun itu mendirikan perusahaan pembuat sabun bersama saudaranya, yakni Lever Brothers. Bisnis mereka kemudian tumbuh menjadi perusahaan barang konsumen multinasional, Unilever.


5. Reid Hoffman

Kesuksesan pertama Reid Hoffman datang dari PayPal, dimana ia bergabung sebagai anggota dewan pendiri pada usia 31 tahun. Setelah empat tahun masa sulit di perusahaan, ia mendirikan situs jaringan profesional LinkedIn di usia 35 tahun. Pada tahun 2016, Microsoft membeli perusahaannya sebesar US$ 26,2 miliar.
Pebisnis Sukses Ini Memulai Bisnis Ketika Berusia 30 TahunFoto: CNBC/Kim White

6. Masaru Ibuka


Pengusaha asal Jepang ini mengecap kesuksesan setelah usia 38 tahun ketika ia mendirikan Sony pada tahun 1946. Meskipun ia meninggalkan perusahaan bernilai miliaran dolar pada tahun 1976, ia tetap sebagai penasihat sampai kematiannya pada tahun 1998.

7. Gordon Moore

Pada usia 39 tahun, Moore mendirikan NM Electronics, yang sekarang bernama Intel Corporation. Setelah memegang beberapa posisi dalam perusahaan, Moore diangkat sebagai ketua emeritus pada tahun 1997. Hari-hari ini, miliarder ini memfokuskan sebagian besar perhatiannya pada kerja filantropis melalui yayasan yang ia dirikan bersama istrinya, Betty.

8. Vivienne Westwood

Westwood memulai kariernya sebagai guru sekolah, sambil membuat perhiasan dan pakaian. Pada usia 30 tahun, dia berhenti mengajar dan memilih mengerjakan fesyen desain sepenuhnya. Beberapa kliennya yang paling terkenal adalah anggota keluarga kerajaan Inggris dan rapper sekaligus produser, Pharrell.





(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading