Misteri Suara Wanita Khas TikTok Terbongkar! Ini Orangnya

Tech - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
12 November 2022 11:30
A logo of a smartphone app TikTok is seen on a user post on a smartphone screen Monday, Sept. 28, 2020, in Tokyo. (AP Photo/Kiichiro Sato) Foto: AP/Kiichiro Sato

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna sosial media TikTok tentunya akrab dengan suara yang sering terdengar pada video di aplikasi tersebut. Kat Callaghan telah mengungkapkan bahwa dirinyalah yang selama ini menjadi pengisi suara dari fitur text-to-speech (TTS) TikTok. Hal itu terbongkar dalam sebuah video yang saat ini viral dikalangan pengguna.

"Benar-benar liar menjadi pengisi suara di TikTok. Saya mulai di radio dan kemudian memulai perusahaan sulih suara saya sendiri pada tahun 2015. Sejak itu saya telah menjadi bagian dari semua jenis proyek yang sangat keren - yang ini tentu saja merupakan sorot bagi saya tentu saja." kata Callaghan mengatakan kepada Newsweek, dikutip Sabtu (12/11/2022)

Namun, pengisi suara, presenter radio, dan podcaster Callaghan telah menepis desas-desus bahwa dia adalah suara terkenal aplikasi berbagi video untuk waktu yang lama. Ia pun mengaku sering menerima DM yang menanyakan apakah itu dia.

Fitur TTS TikTok adalah fitur aksesibilitas yang memungkinkan pembuat video menambahkan suara otomatis untuk membaca teks di layar dengan keras.

Ini sering digunakan sebagai pengganti merekam sulih suara sendiri dan menjadi populer untuk aksesibilitas dan hiburan.

Video viral Kat Callaghan telah mengungkapkan bahwa dia adalah suara asli dari fitur text-to-speech (TTS) TikTok. (Tangkapan Layar Tiktok @voiceofkat)Foto: Video viral Kat Callaghan telah mengungkapkan bahwa dia adalah suara asli dari fitur text-to-speech (TTS) TikTok. (Tangkapan Layar Tiktok @voiceofkat)
Video viral Kat Callaghan telah mengungkapkan bahwa dia adalah suara asli dari fitur text-to-speech (TTS) TikTok. (Tangkapan Layar Tiktok @voiceofkat)

Meskipun menjadi pusat dari ribuan video di aplikasi populer, Callaghan tidak pernah benar-benar memposting dirinya sendiri. Tetapi dalam sebuah video yang diposting pada 19 Oktober yang telah ditonton lebih dari 42 juta kali, dia berkata: "Akhirnya saya dapat memberitahu kalian, ya, ini saya."

"Saya suka apa yang saya lakukan dan saya suka orang lain terinspirasi untuk berbagi suara saya," kata Callaghan.

Sejak memberitahu identitasnya, ia mengatakan bahwa banyak orang berterima kasih karena berada di platform tersebut. Sehingga tak perlu menggunakan suara mereka sendiri untuk beberapa alasan. "Tapi itu perasaan yang luar biasa." tuturnya.

Hanya dalam beberapa minggu, akunnya @voiceofkat telah memperoleh lebih dari 530.000 pengikut karena reaksi orang-orang karena dapat memasang wajah pada suara terkenal itu.

"Akhirnya suara itu cocok dengan wajah di otakku," kata salah satu balasan video viral, sementara yang lain berkata: "Ini luar biasa."

Dalam video selanjutnya, Callaghan menggunakan suara ikoniknya untuk bercanda: "Kadang-kadang kalian membuat saya mengatakan beberapa hal yang cukup menghebohkan. Ini cukup kacau, tapi saya pikir itu lucu. Saya tidak keberatan sama sekali."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pejabat Penting TikTok Ini Mengundurkan Diri, Ada Apa?


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading