Pemilik TikTok Jadi Orang Terkaya No 2 China, Punya Rp 742 T

Tech - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
12 November 2022 09:30
FILE - In this July 21, 2020 file photo, a man opens social media app 'TikTok' on his cell phone, in Islamabad, Pakistan. President Donald Trump said Saturday, Sept. 19, 2020 he’s given his “blessing” to a proposed deal between Oracle and Walmart for the U.S. operations of TikTok, the Chinese-owned app he’s targeted for national security and data privacy concerns. (AP Photo/Anjum Naveed, File) Foto: AP/Anjum Naveed

Jakarta, CNBC Indonesia - Siapa yang tak tahu aplikasi TikTok? Kepopuleran TikTok membuat pemiliknya menjadi orang terkaya nomor dua di China lho.

Dalam data terbaru Forbes, Sabtu (12/11/2022), Zhang Yiming, pendiri ByteDance yang memiliki TikTok tercatat sebagai orang terkaya nomor dua di China.

Meski baru berumur 38 tahun, jumlah kekayaan Zhang menurut catatan Forbes mencapai US$ 49,5 miliar atau sekitar Rp 742 triliun lebih. ByteDance merupakan perusahaan teknologi raksasa di China, pemilik TikTok yang saat ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.

Selain TikTok, ByteDance juga memiliki jaringan rumah sakit terbesar di China, dan juga memiliki ketertarikan untuk berbisnis di sektor media, edukasi, hingga video games.

Cerita menariknya adalah, Zhang memulai bisnis ByteDance pada 2012 dari apartemen kecil di Beijing. Dari situ, dalam beberapa bulan, Zhang meluncurkan aplikasi agregator berita bernama Toutiao.

Orang nomor satu terkaya di China 2022 menurut Forbes adalah Zhong Shanshan. Harta kekayaan Shanshan mencapai US$ 66,7 miliar atau mencapai Rp 1.000 triliun lebih.

Pria berumur 67 tahun ini merupakan pendiri dari Nongfu Spring, perusahaan air mineral botol dan galon yang sudah tercatat di bursa saham Hong Kong pada September 2020.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Video:Punya Rp 742 T, Pemilik TikTok Orang Terkaya No.2 China


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading