Road to Tech Conference 2022

Ini Alasan WIR Asia Bentuk Nusameta Bersama Salim Group

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
28 September 2022 13:36
Nusameta, Platform Metaverse Masa Depan Dari WIR Group (CNBC Indonesia TV) Foto: Nusameta, Platform Metaverse Masa Depan Dari WIR Group (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT WIR Asia Tbk bersama Salim Group telah membentuk joint venture bernama PT Metaverse Indonesia Makmur yang menciptakan platform Nusameta. Platform yang disebut sebagai Indonesia versi digital ini adalah ekosistem yang terdiri atas platform dan integrasi online-to-offline (O2O) yang memungkinkan seluruh pengguna mewujudkan interaksi antara dunia nyata dan digital.

Proyek ini bertujuan membangun konektivitas dan aktivitas perekonomian yang equitable bagi Indonesia. Ada beberapa pilar besar yang menjadi fokus Nusameta, seperti ekonomi berkelanjutan dan play & earn. Platform ini juga dipastikan akan menghadirkan dunia Metaverse yang beragam, mulai dari pendidikan, layanan kesehatan, dan lain sebagainya.

Group Chief Innovation Officer & Co-Founder of WIR Group, Jeffrey Budiman mengatakan kerja sama ini didasari atas kedua perusahaan yang memiliki semangat sama untuk memajukan ekonomi digital Indonesia. Apalagi di saat teknologi yang sudah bertransisi menjadi WEB3.

"Apalagi sekarang bahwa dari awal dunia virtual dan reality pasti akan overlapping. Dan adaptasi perusahaan masuk ke WEB3, hingga para pengguna dan teknologi metaverse yang makin berkembang jadi salah satu yang mendorong kami membangun kerja sama ini," ujarnya dalam Tech Conference CNBC Indonesia, Rabu (28/9/2022).

Nusameta, lanjut Jeffrey, menjadi platform metaverse dengan kearifan lokal yang dapat digunakan para pelaku bisnis, content creator, dan lain sebagainya. Nusameta bisa membuat setiap orang bisa memiliki avatar dan menjadi tempat mengekspresikan diri masing-masing.

Selain itu, untuk sektor industri, Jeffrey menuturkan mereka bisa menggunakan platform ini untuk kepentingan bisnis. Contohnya seperti di sektor pariwisata, seseorang bisa tanpa perlu jauh-jauh secara fisik ke lokasi tujuan, Nusameta bisa memperkenalkan pariwisata dengan menghadirkan landmark dan menggambarkan bentuk dari wisata khas Indonesia, seperti stupa candi. Setelahnya, pelaku bisnis pariwisata bisa jemput bola dari situ.

Selanjutnya dari sektor retail, pelaku bisnis bisa menggaet target pasar, khususnya gen z untuk mulai mengkomunikasikan produknya di metaverse. Bahkan di sektor pendidikan, Nusameta juga akan mempermudah proses belajar belajar-mengajar.

"Yang tadi hanyalah segelintir contoh saja. Yang pasti membuat platform seperti metaverse merupakan proses berkelanjutan. Kalau kita launch produk akan terus kita improve. Plus karena ini akan dipakai banyak pelaku bisnis dan content creator, pastinya kita butuh kontribusi semua pihak untuk memperkaya dan juga memberikan ide, bahkan lapangan kerja baru. Ini adalah proses berkelanjutan," jelasnya.

Dia mengaku saat ini pihaknya tengah memperbanyak komunikasi dengan komunitas sehingga WIR Group bisa mendapat banyak masukan. WIR juga memperbanyak edukasi untuk beberapa orang ini hal ini masih menjadi teknologi baru, terutama bagi perilaku bisnis yang sudah melihat tidak bisa menghindar perubahan.

"Ini akan terbuka untuk berbagai sektor, mungkin ada beberapa sektor misalnya seperti finansial. Kita harus mengerti ada beberapa foreign policy yang harus dipahami secara bertahap. Tapi ini terbuka berbagai sektor," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gurih, Bisnis Digital Punya Prospek Triliunan Dolar


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading