Kisah Mereka yang Bangkrut Karena Harga Kripto Jatuh

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
28 September 2022 11:05
Gambar Konten, Cryptocurrency Ambrol Foto: Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Kerugian di dunia kripto tidak hanya berasal dari penurunan harga aset tetapi juga karena penipuan atau scam. Bahkan kerugian yang dialami bisa membuat seseorang langsung jatuh miskin.

Seperti kisah laki-laki berusia 23 tahun asal Kanada yang mengaku sebagai Raja Kripto. Namun pada akhirnya dia mengalami kebangkrutan sebesar US$35 juta atau sekitar Rp 529 miliar setelah dituduh menipu.

Aiden Pleterski, laki-laki itu, memiliki aset sebesar US$2 juta. Dia digugat atas tuduhan menipu investor dan asetnya disita termasuk Lamborghini, dua Mclarrn dan dua BMW.

Menurut para investor, setidaknya ada US$35 juta hilang yang diberikan kepada perusahaan Pleterski, AP Private Equity Limited. Setidaknya ada 29 kreditur mengatakan Pleterski berutang US$13 juta, dikutip daru Dimsumdaily Hongkong.

Selain Pleterski, ada beberapa mereka yang bangkrut karena kripto. Berikut selengkapnya dirangkum CNBC Indonesia dari berbagai sumber, Rabu (28/9/2022).

1. Guru SD bangkrut

Seorang mantan guru Sekolah Dasar (SD) asal Inggris yang hampir kehilangan seluruh uangnya setelah membeli aset cryptocurrency. Adalah Duncan seorang berusia 47 tahun mantan guru SD yang memilih untuk menggunakan sebagian besar hartanya untuk berinvestasi di token kripto.

Sebenarnya Duncan sudah sempat untung, namun sayang Ia terlena dan menjadi salah satu korban dari jatuhnya pasar kripto sehingga membuat keuntungannya tergerus dan berbalik merugi.

"Saya ingin mendapatkan US$ 500.000 (Rp 7,4 miliar) dan saya berencana mengambil setengahnya. Saya sempat memiliki US$ 300.000 (Rp 4,4 miliar) saat natal" ujar Duncan sebagaimana ditulis di The Guardian.

Namun portofolionya anjlok signifikan dan kini hanya menyisakan sekitar US$ 4.685 (Rp 69 juta). Padahal modal awal yang digunakan oleh Duncan mencapai US$ 46.845 (RP 690 juta).

2. Kisah anonim pengguna Reddit

Seorang pengguna Reddit menceritakan saat dirinya berinvestasi uang kripto SQUID Coin. Sayangnya dia hanya mendapat kemalangan, sebab sempat menjadi jutawan namun tak lama harga koin terus jatuh dan kehilangan segalanya.

Pengguna Reddit anonim itu mengatakan 'tertarik' dengan SQUID. Dia beralasan ingin berinvestasi sebagai penelitian pada awalnya.

"Saya pikir, biarkan saya memasukkan US$10 untuk lelucon. Saya mendapatkan sekitar 661 Squid," ungkapnya dikutip dari The Sun.

Berikutnya nilai Squid dengan cepat terus mengalami kenaikan. Meskipun dia sadar tidak akan pernah mengambil uang itu, namun menurutnya menyenangkan saat itu terjadi.

Setelah dua hari, koin Squid naik menjadi US$2000, artinya dia menghasilkan lebih dari US$1,3 juta. Namun itu hanya bertahan lima menit saja, sebab harga koin langsung jatuh dan dia kehilangan segalanya.

"Saat itu bisa mengatakan saya adalah seorang jutawan kripto di beberapa titik dalam hidup saya," kata pengguna Reddit itu.

3. Tabungan lenyap gara-gara SQUID

Seorang investor harus rela kehilangan tabungannya hanya untuk berinvestasi di SQUID. Namun ternyata nilainya anjlok dan para penipu menjarah US$2 juta.

Dia membeli 5.000 Squid senilai US$1. "Saya kehilangan semuanya yang dimiliki dalam proyek ini, saya tidak mempercayai mereka lagi," ucapnya kepada CoinMarketCap.

Salah satu risiko utama berinvestasi pada uang kripto adalah tidak bisa mengubahnya menjadi uang tradisional. Para investor juga kemungkinan tidak bisa mendapatkan uang kembali karena terkadang platform dan bursa kripto menghentikan investor menarik dana.

Artinya jika nilainya turun menjadi nol, baik karena penipuan atau investor kehilangan kepercayaan, para investor hanya memegang koin digital yang tidak berharga serta tidak bisa dijual.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Kaget! Pengguna Kripto Diprediksi Tembus 1 Miliar


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading