Miris! Orang-orang Tajir ini Jadi Miskin Gegara Kripto Ambruk

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 September 2022 09:05
Ilustrasi/ Cryptocurrency / Aristya Rahadian Foto: Ilustrasi/ Cryptocurrency

Jakarta, CNBC Indonesia - Jatuhnya harga aset kripto memengaruhi banyak orang kaya di dunia. Dibandingkan tahun sebelumnya, pasar kripto telah minus hingga 56%.

Beberapa orang kaya yang kekayaannya tergerus akibat kejadian ini seperti Binance Changpeng Zhao, pendiri FTX Sam Bankman-Fried, dan CEO Galaxy Mike Novogratz. Nasib serupa juga harus dialami oleh Presiden El Salvador Nayib Bukele dan CEO Microstrategy Inc. Michael Saylor.

Kekayaan Zhao dilaporkan menyusut hingga 89,35% menjadi US$10,2 miliar atau Rp 149,9 triliun pada Senin (13/6/2022). Ini berbeda saat Bitcoin berada dalam level tertingginya, kekayaan Zhao mencapai US$ 95,8 miliar atau setara dengan Rp 1.408,26 triliun dan sempat menjadi orang terkaya pertama dari industri kripto.

Kekayaan bosnya yang menurun ternyata menambah kesialan bagi Binance. Perusahaan itu dilaporkan sedang dalam pemantauan penyelidikan Amerika Serikat (AS) yang ingin mengendalikan industri kripto.

Bankman-Fried juga harus menghadapi kekayaannya yang tergerus mencapai 41.06% menjadi US$ 8,9 miliar atau Rp 130,83 triliun, dari sebelumnya sempat mencapai US$ 15,1 miliar atau Rp 221,97 triliun.

Nasib serupa juga dialami oleh Novogratz. Kekayaannya tergerus dari US$13,7 miliar pada November lalu menjadi hanya bersisa US$2,1 miliar atau anjlok 84,67%.

Kekayaan yang merosot juga harus dialami oleh Cameron dan Tyler Winklevoss, pendiri bursa kripto Gemini. Yakni dari masing-masing US$3,8 miliar menjadi US$3 miliar.

Bukan hanya itu, Winklevoss bersaudara juga dilaporkan harus melakukan PHK pada karyawannya. Sekitar 10% terdampak atas keputusan tersebut.

Pendiri Coinbase, Brian Armstrong dan Fred Ehrsam juga mengalami penurunan kekayaan setelah sempat mengantongi total US$ 18,1 miliar. Namun keduanya hanya memiliki US$ 2,1 miliar, karena saham Coinbase ambruk 79% sejak penawaran umum perdana (IPO) mereka.

Presiden Bukule juga harus menghadapi pahitnya kejatuhan Bitcoin. Apalagi dia merupakan pelopor Bitcoin diakui di El Salvador sebagai alat pembayaran.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ramalan Ngeri Soal Bitcoin: Harga Bakal Makin Anjlok!


(npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading