Wajib Tahu! Ini Cara Cepat Sembuh dari Covid Varian Omicron

Tech - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
21 August 2022 08:15
Patients lie on hospital beds as they wait at a temporary holding area outside Caritas Medical Centre in Hong Kong Wednesday, Feb.16, 2022. There was visible evidence that Hong Kong hospitals were becoming overwhelmed by the latest COVID surge, with patients on stretchers and in tents being seen to by medical personnel on Wednesday outside the Caritas hospital. (AP Photo Vincent Yu) Foto: AP/Vincent Yu

Jakarta, CNBC Indonesia - Varian Omicron masih mendominasi jumlah kasus Covid-19, baik secara global maupun di Indonesia. Gejala pada varian ini memang berbeda pada tiap orang.

Protokol yang berlaku bagi orang yang terserang varian ini baik yang bergejala maupun gejala ringan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) atau isolasi terpusat (isoter). Bagi yang terserang gejala sedang atau berat disarankan langsung menuju rumah sakit.

Lantas bagaimana untuk bisa sembuh dari omicron? berikut beberapa cara yang dilakukan dikutip dari CNN Indonesia.

1. Minum obat Antivirus

Pasien Omicron dapat mengonsumsi obat antivirus. Sedikitnya ada empat obat antivirus Covid yang disetujui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yakni Favipiravir, Molnupiravir, Paxlovid, dan Remdesivir. Beberapa di antaranya bisa didapat gratis di aplikasi telemedisin.

"Itu sih [Omicron] sebenarnya kalau virus akan sembuh dengan sendirinya. Namun untuk mempercepat bisa dikonsumsi obat antivirus," kata Ahli Paru dan Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Erlang Samoedro

Kendati demikian, jangan sembarang mengonsumsi obat antivirus tanpa anjuran atau resep dari dokter.

2. Minum multivitamin dan zinc

Selain mengonsumsi antivirus, pasien Omicron juga disarankan untuk mengonsumsi multivitamin dan zinc. "Vitamin C, D, dan zinc," jelas Erlang.

3. Rajin mencuci mulut dan hidung

Erlang mengatakan, sering mencuci mulut dan hidung juga dapat menjadi cara cepat sembuh dari Omicron. Mencuci hidung atau nasal washing dapat menjaga kesehatan hidung dari paparan bakteri, debu dan virus. Nasal washing bisa menggunakan cairan yang mengandung senyawa NaCl atau garam. Biasa dilakukan 1 atau 2 kali dalam satu hari.

Mencuci hidung bisa juga dilakukan dengan menggunakan nose sanitizer, cairan yang digunakan untuk membersihkan rongga hidung. Cairan ini umumnya berisi antiseptik seperti iodine atau yodium.

Larutan ini bekerja dengan membilas saluran hidung. Ia juga dapat mengembalikan kelembaban dan meredakan radang.

4. Berjemur

Cara cepat sembuh dari Omicron lainnya yakni berjemur. Erlang menyebut aktivitas ini sangat penting untuk pasien Omicron. Pasalnya, sinar matahari dapat meningkatkan imunitas tubuh.

"Kalau berjemur kan meningkatkan sistem imunitas kita. Jadi matahari itu membantu menyerap vitamin D lebih banyak," ujarnya lebih lanjut soal cara cepat sembuh dari Omicron.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Muncul Varian Baru, Apakah Semua Orang Akan Kena Covid-19?


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading