Bos Terra LUNA Buka-bukaan: 'Saya Boncos Tak Terhingga'

Tech - dem, CNBC Indonesia
19 August 2022 16:25
Do Kwon (Tangkapan Layar) Foto: Do Kwon (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah nilai Luna jatuh hingga mendekati nol dan menyeret seluruh pasar aset kripto anjlok, pendiri Terraform Labs Do Kwon lama menghindar dari sorotan media. Namun akhirnya, Do Kwon setuju untuk berbicara panjang dengan salah satu media global khusus kripto.

Dalam wawancara dengan Coinage, Do Kwon akhirnya buka suara tentang hari-harinya setelah proyek stablecoin TerraUSD yang ia rintis hancur berantakan.

Misalnya, enam hari setelah patok TerraUSD terhadap dolar ambruk, ada orang yang menyusup ke kompleks apartemennya dan membunyikan bel pintu rumahnya. Istri Do Kwon pun panik sampai meminta perlindungan dari polisi setempat.


Do Kwon mengaku ambruknya Terra menyebabkan rasa sakit yang tidak bisa dideskripsikan. "Sangat brutal," kata Do Kwon kepada Coinage seperti dikutip pada Jumat (19/8/2022).

Dia mengaku bahwa hampir seluruh hartanya menguap bersama jatuhnya Terra dan LUNA. "Saya tidak mau memberikan kesan kehilangan lebih besar, dalam hal dampak emosional, dibandingkan dengan orang yang tidak punya banyak untuk sehari-hari lalu kehilangan seluruh tabungannya saat Terra anjlok.

"Namun, saya ingin menegaskan arti Terra dan Luna, maksud saya, ini pada intinya adalah hidup saya. Saya melakukan apa yang saya percaya. Saya bertaruh besar, dan saya pikir saya kalah."

Do Kwon menolak mengungkapkan kekayaannya dengan spesifik. Walaupun jika dia menyebutkan sebuah angka, pasti sulit untuk diverifikasi. Dompet kripto didesain untuk anonim sehingga setiap orang bisa saja menyimpan kekayaannya di dompet yang tidak diketahui publik.

"Alasan saya tidak pernah mengumumkan alamat dompet kripto saya, pertama, tidak akan ada fungsinya. Orang hanya akan bilang, pasti saya punya dompet lain. Iya kan?"

Namun, Do Kwon menegaskan bahwa dia tidak meraup profit apapun dari jatuhnya Terra dan Luna. Ia mengaku tidak pernah melakukan aksi short di pasar, apalagi terhadap UST. Bahkan, menurutnya, istrinya turut merasakan kerugian karena tidak melepas koin kripto sampai tidak ada nilainya. Istri Do Kwon memiliki perusahaan sendiri yang memproduksi dan menjual sambal.

Menurut Do Kwon, istrinya sempat mengatakan kepada dirinya, "Hal yang terbaik dan yang terburuk tentang kamu adalah kamu selalu habis-habisan."

Do Kwon tidak mau menerjemahkan "habis-habisan" ke dalam sebuah angka finansial. Dia hanya bilang, "Satu lelucon yang sering digunakan oleh pelaku pasar adalah ketika pasar jatuh, mereka 'boncos parah' atau 'boncos mengerikan'. Kata yang tepat untuk mendeskripsikan apa yang terjadi kepada saya adalah 'boncos tak terhingga'."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kripto Terra Luna Anjlok 98%, Ternyata Ini Biang Keroknya


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading