Hasil Cuci Kripto Tornado Cash Dikirim ke Shaq, Jimmy Fallon

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
12 August 2022 17:25
Ilustrasi peretasan jaringan internet Foto: CNBC

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang pengguna anonim mengirim banyak transaksi Tornado Cash ke alamat Ethereum profil tinggi, yang diduga menjadi aksi troll.

Dompet yang terpengaruh termasuk yang dikendalikan oleh CEO Coinbase Brian Armstrong, pembawa acara TV Jimmy Fallon, merek pakaian Puma dan dompet yang dibuat untuk sumbangan ke Ukraina, menurut Etherscan, dikutip dari Coin Desk, Jumat (12/8/2022).

Tokoh kripto terkemuka seperti artis Beeple dan banyak selebriti lainnya seperti komedian Dave Chappelle menerima ether (ETH).


Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) Departemen Keuangan AS memberikan sanksi kepada Tornado Cash dengan melarang orang dan entitas AS berinteraksi atau bertransaksi dengan mereka.

"Warga AS mencakup siapa pun di tanah AS serta warga negara Amerika mana pun di luar negeri," tulis mereka.

Tornado Cash adalah mixer, protokol yang dirancang untuk mengumpulkan dana dalam upaya mengaburkan asal usul setiap transaksi yang diberikan. Pejabat AS menuduh bahwa sejumlah besar dana yang mengalir melalui mixer terkait dengan kegiatan kriminal, seperti hasil Korea Utara dari peretasan berbagai pertukaran dan layanan kripto.

Gagasan untuk mengirim 0,1 ETH ke dompet selebriti tampaknya berasal dari Twitter dalam posting oleh pengguna Depression2019, yang sejak itu me-retweet tangkapan layar dari transaksi on-chain.

Karena Tornado Cash adalah entitas yang dikenai sanksi, masyarakat AS kemungkinan akan memiliki kewajiban hukum untuk memblokir transaksi masuk dari dompetnya. Aturan OFAC mengamanatkan bahwa orang AS membekukan setiap transaksi atau dana yang dikirim dari Tornado Cash.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gladi Resik Sukses, Ethereum Siap Dirombak


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading