AirAsia Tawari Ojek Online Gaji Rp10 Juta, Driver di RI Juga?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
12 August 2022 08:55
Puluhan ojol berkerumun untuk membeli promo BTS Meal di gerai McDonald's Mampang, Rabu (9/6/2021). Menu Mcdonald's yang berkolaborasi dengan BTS Meal dijual hari ini pukul 11.00 WIB. Pantauan CNBC Indonesia di MC Donald Mampang sejumlah petugas Satpol PP Satgas Covid-19 di lokasi mencoba berbicara kepada manager MC Donald. Karena ramainya ojol Drive thru di mampang ditiadakan Ternyata di sejumlah Mcdonald's terlihat antrian para driver ojek online yang mendapatkan pesanan masyarakat untuk BTS Meal tersebut. Nama BTS Meal dan BTSxMcD menduduki peringkat satu dan kedua Trending Topik Twitter Indonesia. Masing-masing telah dipenuhi sebanyak 52.900 tweet dan 12.200 tweet. Selain itu ada juga yang mengabarkan jika aplikasi ojek online ditutup. Serta outlet McDonald's dikabarkan penuh untuk memesan BTS Meal. Salah satu driver ojol mengatakan pada CNBC Indonesia bahwa ia sudah menunggu sejak pukul 11 hingga pukul 1.30 makanan belum juga bisa diambil. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki) Foto: Sejumlah ojol berkerumun untuk membeli promo BTS Meal di gerai McDonald's Mampang, Rabu (9/6/2021). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan asal Malaysia, AirAsia baru-baru ini membuat berita yang mencuri perhatian para mitra driver ojek online. Mereka menawarkan gaji tetap bulanan untuk para driver ojol.

Para pengemudi atau driver ojek online AirAsia di Malaysia ditawari penghasilan tetap. Menurut laporan, besaran gaji yang ditawarkan yakni mulai dari RM 3.000 per bulan atau setara dengan Rp 10 juta.

Para driver juga akan mendapatkan keuntungan lain berupa rekening tabungan Employee Providence Fund (EPF) atau jaminan hari tua dan Social Security Organizations (Sosco) atau jaminan kecelakaan kerja.

Tak cuma itu, mereka juga bakal mendapat asuransi kesehatan, cuti tahunan hingga tunjangan perjalanan.

Kepala Pengiriman Merek Lim Ben-Jie mengatakan potensi pertumbuhan pengendara akan menguntungkan perusahaan menjadi salah satu pemain besar di sektor super-app, bersama dengan Grab dan juga FoodPanda.

Di Indonesia, AirAsia juga punya layanan yang melibatkan pengemudi ojek online yaitu AirAsia Food. Layanan pesan antar makanan ini telah beroperasi di wilayah Jakarta dan Tangerang.

Lalu bagaimana dengan pengemudi ojek online pengantar AirAsia Food? Apakah mereka juga dapat gaji tetap?

Pihak Airasia Super App Indonesia menjelaskan bahwa skema penghasilan yang diterapkan pada pengemudi Airasia Super App Malaysia berlaku untuk layanan Airasia Food dan Airasia Xpress.

Namun, untuk airasia Super App Indonesia, sampai saat ini masih fokus pada ekspansi dan optimalisasi layanan. Salah satu layanan yang dimaksud adalah Airasia Food.

Airasia Food di Indonesia, jelas perusahaan, belum memiliki mitra pengemudi ojek sendiri. Sampai saat ini, pengiriman makanan ke pelanggan dilakukan melalui kerja sama Airasia dengan pihak ketiga.

"Kami akan menyampaikan kepada publik lebih lanjut jika terdapat informasi terbaru dari bisnis Airasia Super App di Indonesia," kata Airasia Super App Indonesia dalam keterangan kepada CNBC Indonesia, Rabu (10/8/2022).

Layanan antar makanan milik AirAsia telah beroperasi di Tangerang sejak Maret 2022. Pada Juni lalu, AirAsia memperluas wilayah layanannya dan masuk di Jakarta.

Layanan AirAsia ini juga punya opsi makanan dapat diantar langsung atau diambil sendiri di restoran oleh pengguna. Mengutip laman resmi, pada saat pertama kali hadir di Indonesia tepatnya Maret lalu Airasia food didukung oleh mitra pengantaran dari GoSend.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Grab-Gojek Punya Pesaing Baru, Bisa Pesan Buat Angkat Jemuran


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading