Simak! Cara Memperbaiki Google Down atau Susah Diakses

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
10 August 2022 10:00
Broken Ethernet cables are seen in front of a displayed Google logo in this illustration taken October 5, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration Foto: REUTERS/DADO RUVIC

Jakarta, CNBC Indonesia - Layanan search engine milik Google sempat mengalami gangguan atau down pada pagi kemarin Selasa (9/8/2022).

Gangguan ini disinyalir karena adanya insiden di data center milik Google di Council Bluffs, Amerika Serikat.

Google kemarin sempat down di seluruh dunia. Pantauan CNBC Indonesia pada pukul 8:41 WIB Selasa (9/8), layanan Google Search tidak bisa dibuka.

Laman Down Detector juga memperlihatkan laporan gangguan Google meningkat tajam selama kurang lebih satu jam, mulai dari sekitar pukul 08.00 WIB. Jumlah laporan di Down Detector telah mencapai 42.000 pengguna dan terus meningkat.

Laporan terbanyak terjadi pada layanan mesin pencarian sebanyak 81%, website 19%, login 1%.

MUNICH, GERMANY - SEPTEMBER 06:  In this photo illustration Google's Chrome browser shortcut, Google Inc.'s new Web browser, is displayed next to Mozilla Firefox shortcut and Microsoft's Internet Explorer browser shortcut, on an laptop.   (Photo Illustration by Alexander Hassenstein/Getty Images)Foto: Getty Images/Alexander Hassenstein

Penyebab Google down

Google disebut jarang mengalami down, tapi jarang bukan berarti tidak pernah. Saat dalam kondisi tidak dapat mengakses Google atau salah satu layanan Google, terkadang Anda akan melihat pesan kesalahan di browser seperti dikutip dari LiveWire:

  • 500 error: Server mengalami kondisi yang tidak terduga.
  • Server mengalami kesalahan dan tidak dapat menyelesaikan permintaan Anda.
  • Server tidak merespons.
  • Maaf, terjadi kesalahan server. Harap tunggu sebentar dan coba lagi.
  • Kesalahan bagian back-end.

Dalam beberapa kasus, pengguna akan melihat kesalahan kode status HTTP alih-alih pesan kesalahan Google. Saat menemukan kesalahan HTTP, verifikasi apakah Anda dapat memuat situs web selain Google.

Cara mengembalikan akses Google

Nah, berikut ini cara yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki Google yang susah diakses.

1. Periksa Dasbor Status Google Workspace. Dasbor Status Google Workspace adalah tempat yang tepat untuk memeriksa informasi tentang waktu henti dan masalah konektivitas dengan Google atau layanan Google apa pun. Jika Anda melihat titik hijau di sebelah layanan Google, itu berarti semuanya berfungsi dengan baik.

Saat banyak layanan Google menunjukkan warna oranye atau merah, itu indikasi bahwa Google sedang tidak berfungsi untuk semua pengguna. Tunggu hingga Google menyelesaikan masalah tersebut.

2. Cari Twitter untuk #googledown. Media sosial adalah tempat yang tepat untuk mencari informasi, seperti pemadaman listrik karena ada kemungkinan besar orang ingin membicarakan masalah yang mereka alami.

Meskipun Anda juga dapat melihat Facebook dan platform media sosial lainnya, kedekatan Twitter dan penggunaan tagar menjadi lebih mudah dicari. Jika Anda melihat banyak orang mengeluh tentang Google, kemungkinan besar hal itu akan terjadi pada semua orang, dan bukan hanya Anda saja.

3. Periksa situs web pemeriksa status independen. Berikut adalah beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan situs sedang down atau tidak: Down For Everyone or Just Me, Down Detector, Is it Down Right Now?, dan Outage.

4. Coba aplikasi Google di ponsel atau tablet Anda. Dalam beberapa kasus, pencarian web Google down, tetapi aplikasi terus bekerja.

5. Matikan browser web Anda, nyalakan kembali, lalu coba akses Google lagi. Jika Anda memiliki peramban lain di komputer, periksa apakah dapat mengakses Google dengan peramban tersebut. Jika bisa, berarti ada masalah dengan browser asli Anda.

6. Kosongkan cache browser, lalu coba buka Google lagi. Membersihkan cache adalah langkah mudah yang dapat memperbaiki banyak masalah, dan tidak akan mengeluarkan Anda dari situs web manapun yang menyimpan informasi login Anda.

7. Hapus cookie browser. Perbaikan ini menangani banyak masalah terkait browser. Namun, menghapus cookie dapat memiliki efek tambahan yang tidak diinginkan, seperti menghapus pengaturan khusus di beberapa situs web dan menghapus informasi login yang tersimpan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mimpi Menteri Kominfo: RI Punya Google Sendiri, Gatotkaca?


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading