Misteri Penyebab Google Down, Insiden di Server Lukai 3 Orang

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
09 August 2022 13:40
Broken Ethernet cables are seen in front of a displayed Google logo in this illustration taken October 5, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration Foto: REUTERS/DADO RUVIC

Jakarta, CNBC Indonesia - Tiga orang mengalami luka bakar serius setelah "insiden listrik" di pusat data Google di Council Bluffs.

Menurut Jim Wood, asisten kepala Departemen Pemadam Kebakaran Council Bluffs, responden pertama dikirim ke pusat data pada pukul 11:59 pagi waktu setempat untuk melaporkan peristiwa listrik di tempat kejadian.

Lalu lintas pemindai menunjukkan bahwa ada laporan awal tentang "ledakan besar", tetapi Wood tidak mengkonfirmasi secara spesifik, demikian dikutip dari Omaha, Selasa (9/8/2022).

"Itu pasti semacam masalah listrik," katanya.

Ketiga korban dibawa ke Pusat Medis Nebraska. Dua orang dibawa dengan ambulans, sementara satu orang dengan luka kritis dibawa dengan helikopter. Semua pasien selamat dan berbicara setelah kejadian itu, menurut Wood.

Kompleks Google yang terletak di dekat Taman Negara Bagian Danau Manawa adalah salah satu pusat data terbesar perusahaan.

Pusat-pusat tersebut adalah rumah bagi ratusan superkomputer, yang merupakan komputer berteknologi tinggi yang digunakan untuk menyimpan dan memproses sejumlah besar informasi.

Dikabarkan tadi pagi, Google sempat mengalami down diseluruh dunia. Pantauan CNBC Indonesia pada pukul 8:41 WIB Selasa (9/8), layanan Google Search tidak bisa dibuka.

Laman Down Detector juga memperlihatkan laporan gangguan Google meningkat tajam selama kurang lebih satu jam terakhir, mulai dari sekitar pukul 08.00 WIB. Jumlah laporan di Down Detector telah mencapai 42.000 pengguna dan terus meningkat.

Laporan terbanyak terjadi pada layanan mesin pencarian sebanyak 81%, website 19%, login 1%.


[Gambas:Video CNBC]

(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading