Data Pendanaan Startup Juli

Cek Startup Jagoan Triputra, Ciputra, Lippo, dan Sinar Mas

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
28 July 2022 09:00
Heboh Gaji Fantastis Karyawan Startup, Berikut Ini Kisarannya Foto: Ilustrasi/ Aristya rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Grup konglomerat Indonesia makin rajin investasi di startup. Meskipun jumlah kesepakatan pendanaan yang diumumkan tidak banyak, nama besar seperti Lippo, Sinar Mas, Triputra, dan Ciputra muncul sebagai investor dalam pendanaan startup pada pekan terakhir Juli.

Nama Lippo muncul sebagai salah investor di ronde pendanaan Seri A Fairbanc, startup yang menyediakan fasilitas bayar tunda (pay later) untuk warung dan toko kelontong. Kemudian, ada Triputra yang memperkuat dukungannya ke startup e-grocery Kedai Sayur bersama Kejora-Orbit Fund.

Sinar Mas dan Ciputra berinvestasi di startup di bidang properti. Divisi investasi Sinar Mas Land, Living Lab Ventures, dan Ciputra Group ikut berinvestasi di IDEAL, perusahaan yang berusaha melakukan digitalisasi proses pengajuan properti.


Pendanaan dengan nilai paling besar diumumkan pada Juli diumumkan oleh KitaBeli. KitaBeli adalah perusahaan yang menyediakan solusi group buying, yaitu penjualan barang dalam skala besar ke komunitas tertentu dengan harga lebih murah. Startup ini meraih US$20 juta dalam ronde pendanaan Seri B.

Pendanaan yang diumumkan pada Juli cenderung kecil dibandingkan dengan bulan lalu. Sepanjang Juni, bursa kripto Pintu masih merupakan startup dengan nilai pendanaan terbesar, menggalang US$113 juta atau sekitar Rp 1,64 triliun lewat penerbitan saham Seri B.

Data investasi di startup Indonesia bulan Juli 2022

Menurut Laporan e-Conomy SEA 2021 yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai US$70 miliar pada 2021 dan diperkirakan menyentuh US$146 miliar pada 2025.

Dalam laporan Cento Ventures, Indonesia bersaing dengan Singapura sebagai penerima investasi startup terbesar sepanjang 2021. Menurut catatan, 42% dari modal diinvestasikan di startup Indonesia.

Pada 2021, nilai investasi startup di Indonesia mencapai US$5,96 miliar atau sekitar Rp 85,8 triliun, sedangkan Singapura mencatatkan US$ 4,83 miliar atau sekitar Rp 69,6 triliun.

Menggunakan data yang tersedia secara publik CNBC Indonesia merangkum deretan startup yang sukses menggalang dana dari para investor sepanjang Juli 2022:


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Data Pendanaan Startup Indonesia Sepanjang Mei 2022


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading