Investasi Startup Juli, Siapa Raih Duit Gojek & Y Combinator?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
07 July 2022 11:35
Heboh Gaji Fantastis Karyawan Startup, Berikut Ini Kisarannya Foto: Ilustrasi/ Aristya rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Memasuki bulan Juli, beberapa startup mengumumkan pendanaan. Hampir semua investasi yang dipublikasikan adalah pendanaan tahap awal, tetapi ke industri yang bervariasi mulai dari edu-tech hingga gaji instan.

Pendanaan dengan nilai paling besar diumumkan oleh McEasy, startup yang menyediakan software sebagai layanan untuk pelaku usaha di bidang logistik atau perusahaan lain yang mengelola armada kendaraan bermotor. Investasi yang diterima bernilai US$6,5 juta dari East Ventures.

Kemudian, ada PINA, yang menambah panjang startup Indonesia yang merupakan lulusan program Y Combinator. Y Combinator, AC Ventures dan investor lain mengucurkan US$3 juta untuk startup penyedia aplikasi pengelola keuangan pribadi ini.

Modal ventura yang dikendalikan Gojek, Go-Ventures, juga muncul dalam berita pendanaan. Startup yang didukung adalah perusahaan e-commerce yang menyediakan marketplace untuk material bahan bangunan Juragan Material.

Pendanaan yang diumumkan pada Juni cenderung kecil dibandingkan dengan bulan lalu. Sepanjang Juni, bursa kripto Pintu masih merupakan startup dengan nilai pendanaan terbesar, menggalang US$113 juta atau sekitar Rp 1,64 triliun lewat penerbitan saham Seri B.

Data Pendanaan Startup di Indonesia sepanjang Juni dan Juli 2022

Dalam laporan Cento Ventures, Indonesia bersaing dengan Singapura sebagai penerima investasi startup terbesar sepanjang 2021. Menurut catatan, 42% dari modal diinvestasikan di startup Indonesia.

Pada 2021, nilai investasi startup di Indonesia mencapai US$5,96 miliar atau sekitar Rp 85,8 triliun, sedangkan Singapura mencatatkan US$ 4,83 miliar atau sekitar Rp 69,6 triliun.

Menurut Laporan e-Conomy SEA 2021 yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai US$70 miliar pada 2021 dan diperkirakan menyentuh US$146 miliar pada 2025.

Menggunakan data yang tersedia secara publik CNBC Indonesia merangkum deretan startup yang sukses menggalang dana dari para investor sepanjang Juni 2022:


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Data Pendanaan Startup Indonesia Sepanjang Mei 2022


(dem/dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading