Ini 7 Penemuan Elon Musk, Inovatif dan Bikin Kaya Raya

Tech - Novina Putri Bestari & Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 July 2022 09:32
FILE PHOTO: Elon Musk arrives at the In America: An Anthology of Fashion themed Met Gala at the Metropolitan Museum of Art in New York City, New York, U.S., May 2, 2022. REUTERS/Andrew Kelly//File Photo Foto: REUTERS/ANDREW KELLY

Jakarta, CNBC Indonesia - Di balik sosoknya yang kontroversial, Elon Musk diketahui punya segudang inovasi dalam beberapa bisnisnya. Sebut saja mobil listrik lewat Tesla hingga roket yang dapat digunakan kembali melalui SpaceX.

Inovasi tersebut dinilai dapat mengubah dan meningkatkan kehidupan masyarakat dunia. Berikut 7 penemuan Elon Musk yang membuatnya tercatat sebagai orang paling kaya di dunia, dikutip dari Digimask, Selasa (19/7/2022):

1. Mobil listrik Tesla

Tesla merupakan perusahaan yang memproduksi kendaraan listrik dan salah satu cara menghindari ketergantungan dengan bahan bakar. Selain itu Tesla juga menciptakan sistem baterai untuk menyimpan energi pada rumah dan bisnis, yang dikenal sebagai Powerpack atau Powerwall.

2. Roket SpaceX yang bisa digunakan kembali

In this image provided by NASA, a SpaceX Falcon 9 rocket with the Double Asteroid Redirection Test, or DART, spacecraft onboard, sits during sunrise, Tuesday, Nov. 23, 2021, at Space Launch Complex 4E, Vandenberg Space Force Base, Calif. The A spacecraft is scheduled to launch Tuesday night on a collision course with an asteroid in the first test of whether Earth can be protected from a potentially disastrous impact by slightly altering the trajectory of a space rock.  (Bill Ingalls/NASA via AP)Foto: Roket SpaceX Falcon 9 dengan Double Asteroid Redirection Test, atau DART, pesawat ruang angkasa onboard, duduk saat matahari terbit di Space Launch Complex 4E, Vandenberg Space Force Base, California, Selasa, 23 November 2021. (Bill Ingalls/NASA via AP)

SpaceX, perusahaan Elon Musk lainnya, menciptakan roket Falcon 9 yang dapat digunakan kembali. Perusahaan juga diketahui sedang mengerjakan penerbangan manusia dengan dua tujuan yakni Bulan dan Mars di masa depan.

3. Satelit internet Starlink

Lewat Starlink, Elon Musk mematahkan penilaian internet satelit dan menyediakan akses jaringan latensi rendah. Dengan teknologi ini diharapkan internet bisa digunakan untuk masyarakat di pedalaman seluruh dunia.

4. Layanan pembayaran Paypal

FILE PHOTO: The PayPal app logo seen on a mobile phone in this illustration photo October 16, 2017.   REUTERS/Thomas White/Illustration/File PhotoFoto: Paypal. REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo

Elon Musk mendirikan X.com yang saat ini menjadi Paypal. Pada akhirnya perusahaan tersebut bergabung dengan Confinity. Paypal bersama layanan lain disebut revolusi layanan keuangan dan pembayaran online.

5. Panduan alamat Zip2 City Guides

Zip2 merupakan salah satu inovasi pertama yang dilakukan Elon Musk. Ini merupakan perusahaan teknologi berbasis internet dan menawarkan software untuk city guides.

Sistem yang digunakan adalah sebuah newsletter digital dengan basis data yang bisa dicari. Elon Musk menulis kode perusahaan untuk menggabungkan daftar bisnis dengan peta.

6. Tenaga surya murah lewat Solar City

Elon Musk juga membangun Solar City yang menawarkan panel surya modern dan murah. Solar City kini telah jadi bagian dari Tesla.

7. Kereta super cepat Hyperloop

Sistem uji skala penuh HyperloopTT di Toulouse, Prancis (Business Wire)Foto: Sistem uji skala penuh HyperloopTT di Toulouse, Prancis (Business Wire)

Hyperloop merupakan sistem terowongan tertutup vakum untuk perjalanan lebih jauh. Kecepatannya mencapai lebih dar 600 mph, tetapi memang belum bisa digunakan oleh publik hingga saat ini karena masih tahap pengerjaan.

Dengan Hyperloop diharapkan bisa mengurangi kemacetan dan juga ramah lingkungan. Perjalanan pertama Virgin Hyperloop sudah dilakukan pada November 2020.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gegara Ini, Elon Musk Sampai Disebut 'Orang' Terkuat di Dunia


(npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading