Eks Bos Unit Investasi Startup Bank Mandiri Berlabuh di BNI

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
19 July 2022 09:25
CEO Mandiri Capital, Eddi Danusaputro  dalam acara CNBC Indonesia VIP Forum bertajuk Foto: Eddi Danusaputro dalam acara CNBC Indonesia VIP Forum bertajuk "Banking & Fintech: Inovasi dan Peran Digital Dorong Inklusi Keuangan". di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (9/5/2019). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Eddi Danusaputro dipercaya menjadi nakhoda PT BNI Modal Ventura alias BNI Ventures. Hal tersebut diketahui dalam unggahan di laman LinkedIn Eddi.

"Dengan senang hati saya mengumumkan bahwa saya telah bergabung dengan BNI Ventures, anak perusahaan Corporate Venture Capital PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.," tulisnya di LinkedIn, dikutip Selasa (19/7/2022).

Ia mengaku tengah menantikan untuk menyusun strategi, merekrut anggota tim, mengembangkan budaya, membantu mendorong inovasi di BNI Group dan mendukung pengembangan ekosistem startup di Indonesia.

Eddi sendiri dikenal sebagai tokoh modal ventura kawakan Indonesia yang pernah menjabat sebagai CEO PT. Mandiri Capital Indonesia (MCI). Eddi juga kini terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) pada Juni 2022.

Sementara itu, BNI Ventures merupakan anak usaha baru besutan BNI yang bergerak di bidang modal ventura dengan nama PT BNI Modal Ventura.

Berdasarkan keterbukaan informasi, pada 12 Mei 2022 BNI telah melakukan penyetoran modal dalam rangka pendirian entitas anak tersebut sebesar Rp 500 miliar.

"Dalam rangka mendukung transformasi digital perseroan, maka perseroan telah mendirikan perusahaan modal ventura dengan nama PT BNI Modal Ventura," tulis Corporate Secretary BNI Mucharom.

Akta pendirian telah ditandatangani oleh perwakilan pemegang saham PT BNI Modal Ventura pada 12 April 2022. Dalam pelaksanaannya, pada 12 Mei 2022 perseroan telah menyetor dana sebesar Rp 500 miliar atau setara dengan 500.000 lembar saham BNI Modal Ventura.

BNI memiliki 99,98% saham dalam BNI Modal Ventura, sedangkan 0,02% sisanya dimiliki oleh PT BNI Asset Management.

BNI mengungkapkan, rencana penyertaan modal ini telah memperoleh persetujuan dari OJK pada 25 April 2022 dan telah dianggarkan dalam RBB BNI 2022.

"Pendirian BNI Modal Ventura akan memberikan dampak positif terhadap kinerja konsolidasi dan positioning BNI." ungkap manajemen.

Sebagai modal ventura milik BNI, BNI Ventures akan bergabung dengan empat modal ventura milik BUMN lain yaitu MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, BRI Ventures, dan Mandiri Capital sebagai pemodal awal dana investasi khusus startup milik pemerintah yaitu Merah Putih Fund.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Susah IPO, Startup Besar Gencar Caplok Startup Kecil


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading