Roket SpaceX Meledak, Elon Musk Cek Kerusakan Pakai Senter

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
12 July 2022 14:20
SpaceX Booster 7 Experiences Explosion (NasaSpaceflight) Foto: SpaceX Booster 7 Experiences Explosion (NasaSpaceflight)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah roket pendorong yang dikembangkan oleh SpaceX milik Elon Musk untuk pesawat luar angkasa Starship generasi berikutnya terbakar selama uji coba di Texas, Senin (11/7), waktu setempat.

Terbakarnya roket tersebut menyebabkan kemungkinan mundurnya rencana Musk untuk meluncurkan Starship ke orbit tahun ini.

"Ya, sebenarnya ini tak bagus. Tim sedang menilai kerusakan," kata Musk di Twitter setelah ledakan prototipe Super Heavy Booster 7.


Ledakan menyebabkan dasar roket hancur tertelan bola api dan asap tebal. Ledakan tersebut tampak mengguncang kamera video yang disiarkan langsung oleh situs web NASA Spaceflight.

SpaceX Booster 7 Experiences Explosion (NasaSpaceflight)Foto: SpaceX Booster 7 Experiences Explosion (NasaSpaceflight)

"Ke depan, kami tidak akan melakukan tes putaran awal dengan semua 33 mesin sekaligus," tulis Musk di Twitter. "Dasar dari wahana sepertinya oke menggunakan lampu senter. Saya ada di sana sekitar satu jam lalu. Kami menutupnya malam ini untuk keselamatan. Akan tahu lebih banyak besok pagi."

Kegagalan itu terjadi di tengah-tengah kampanye uji kebakaran statis yang berlangsung selama berhari-hari di Boca Chica, Texas. Roket booster yang digunakan dilengkapi dengan 33 mesin Raptor untuk digunakan dalam uji terbang orbital tanpa awak yang diharapkan SpaceX diluncurkan akhir tahun ini.

Starship SpaceX setinggi 120 meter, setelah dipasangkan dengan booster tahap pertama super-berat, adalah wahana angkasa generasi berikutnya. Ini merupakan ambisi Musk untuk membuat perjalanan ruang angkasa manusia lebih terjangkau dan rutin.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Space X di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. Presiden tiba di Space X sekitar pukul 10.30 waktu setempat disambut langsung oleh Elon Musk selaku founder Space X.(Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Space X di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. Presiden tiba di Space X sekitar pukul 10.30 waktu setempat disambut langsung oleh Elon Musk selaku founder SpaceX.(Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

SpaceX tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk mengomentari ledakan ini. Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) juga tidak segera menanggapi ketika ditanya apakah akan menyelidiki ledakan tersebut.

Pada akhir 2020 dan awal 2021, SpaceX kehilangan empat prototipe Starship-nya dalam serangkaian peluncuran uji ketinggian ketika upaya pendaratan kembali berakhir dengan ledakan. Prototipe Starship akhirnya membuat pendaratan yang aman pada Mei 2021.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kuasai 3 Perusahaan Besar, Elon Musk Disebut Terkuat Di Dunia


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading