5 Ramuan Ampuh Buat Redakan Batuk-Flu Omicron, Ada di Dapur

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
11 July 2022 08:10
Infografis: Waspada, Ini Ciri Batuk Kering yang Jadi Gejala Corona! Foto: Ilustrasi/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Masalah kesehatan seperti demam, batuk, dan pilek, telah dianggap sebagai penyakit ringan yang umum dan sering terjadi.

Namun, di saat kondisi pandemi ini beberapa penyakit tersebut bisa jadi gejala virus Covid-19 termasuk varian Omicron.

Untuk meredakannya, ada sejumlah ramuan herbal yang dinilai ampuh. Ramuan tersebut juga mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

Namun penting dicatat, ramuan ini hanya untuk meredakan gejala, bukan menyembuhkan total. Nah, berikut 5 ramuan tersebut, dikutip dari Times of India, Senin (11/7/2022):

1. Teh Jahe

Teh jahe dapat membantu mengobati pilek dan batuk, yakni membantu mengeringkan hidung yang berair jadi bisa mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan. Selain itu jahe juga meredakan flu biasa dan mempercepat proses pemulihan.

2. Campuran lemon, kayu manis dan madu

Ada juga campuran lemon, kayu manis dan madu yang bisa meredakan pilek dan batuk. Cara membuatnya adalah setengah sendok madu dengan beberapa tetes lemon dan sejumput kayu manis. Disarankan untuk meminumnya dua kali sehari agar bisa sembuh dari pilek dan batuk.

3. Susu dan kunyit

Kunyit diketahui punya antioksidan kuat yang membantu dalam mengobati banyak masalah kesehatan. Campuran kunyit dan susu hangat bisa jadi cara efektif untuk menyembuhkan pilek dan batuk. Minum segelas susu kunyit hangat sebelum tidur membantu pemulihan lebih cepat dari dua gejala itu.

4. Madu dan air jeruk nipis

Minuman ini cocok untuk meningkatkan pencernaan dan sistem sirkulasi. Untuk membuatnya, tambahkan madu ke air jeruk nipis agar bisa menyembuhkan dari batuk dan pilek.

5. Berkumur dengan air garam

Cara terakhir adalah berkumur dengan air garam, yang diketahui juga sebagai terapi kuno untuk mengobati batuk, pilek, hingga sakit tenggorokan. Berkumur dengan air garam efektif dapat membersihkan partikel seperti bakteri dan virus pada saluran pernapasan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Infeksi Omicron Separah Delta di Sebagian Orang, Ini Buktinya


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading