Awas! Bermunculan MyPertamina Abal-abal, Bisa Curi Data?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 July 2022 08:50
Warga mengisi bensin di Kawasan SPBU Kuningan Rasuna Said, Jakarta, Selasa, 28/Juni/2022. PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga berencana mengatur pembelian Jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) Khusus Penugasan (JBKP) seperti Pertalite dan juga BBM Solar Subsidi. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi MyPertamina akan digunakan dalam keperluan pembelian bensin Pertalite dan Solar Subsidi oleh masyarakat. Namun ternyata bermunculan aplikasi palsu di internet.

Hal ini diakui oleh pihak Pertamina. Perusahaan meminta masyarakat untuk waspada adanya aplikasi MyPertamina palsu tersebut.

"Sob, ada hal penting yang harus kamu ketahui nih, kalau saat ini beredar aplikasi tidak resmi MyPertamina," tulis akun MyPertamina, dikutip Jumat (1/7/2022).


Pihak perusahaan mengingatkan aplikasi asli hanya berada di toko aplikasi Google Play Store dan App Store. Di luar kedua toko aplikasi tersebut, sudah pasti aplikasi tidak resmi.

"Aplikasi MyPertamina yang RESMI hanya bisa kamu download dan install dari GOOGLE PLAY STORE dan APP STORE. Selain dari itu, dapat dipastikan kalau itu aplikasi TIDAK RESMI ya. Jangan sampai salah ya sob!" jelas akun tersebut.

Dalam unggahan lain, MyPertamina juga menjelaskan soal penggunaan HP di SPBU untuk menggunakan aplikasi atau barcode. Akun itu menuliskan jika penggunaannya diperbolehkan dari dalam mobil dan berjarak 1,5 meter dari dispenser.

"Transaksi pembayaran dari dalam mobil atau 1,5 meter dari dispenser SPBU dan tidak boleh melakukan komunikasi telepon," kata MyPertamina.

Masyarakat juga dilarang menggunakan smartphone di beberapa tempat di SPBU. Salah satunya saat berada di area tangki.

"Dilarang menggunakan HP di area tangki, pembongkaran SPBU, dan terlalu dekat dengan pompa pengisian," ujar akun tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading