Komisaris Bursa Pandu Sjahrir Digaet Unicorn Malaysia

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
14 June 2022 18:50
Ketua Umum Dewan Pengurus Harian Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech), Pandu Patria Sjahrir dalam acara Casual Talks On Digital Payment Innovation Of Banking. (Tangkapan layar via Youtube Bank Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Carsome mengumumkan pembentukan dewan penasihat, yang terdiri dari banyak ahli untuk memimpin ekspansi regional dan mempercepat pertumbuhan perusahaan di Asia Tenggara. Salah satunya adalah Pandu Sjahrir.

Dewan penasihat Carsome saat ini terdiri dari empat anggota, yaitu Managing Partner & Co-founder Asia Partners, Nicholas Nash, Pendiri Smile Group, Harish Bahl, Managing Partner Indies Capital, Pandu Sjahrir dan Wakil Presiden Meta Asia Pasifik, Dan Neary.

Co-founder dan Group CEO Carsome Eric Cheng menyebutkan bahwa dewan penasihat menambah nilai bagi tim kepemimpinan Carsome dengan meningkatkan pengambilan keputusan dan menegaskan langkah perusahaan selanjutnya.


Inspeksi mobil bekas CarsomeFoto: dok Carsome
Inspeksi mobil bekas Carsome

"Kami yakin bahwa keahlian, pengalaman, dan jaringan mereka akan sangat membantu dalam misi Carsome untuk memberikan kepercayaan, pilihan, dan transparansi kepada pelanggan kami di seluruh pengalaman transaksi dan kepemilikan mobil di seluruh Asia Tenggara," kata Cheng, dikutip dari Business Today, Selasa (14/6/2022).

Nash terkenal karena memelopori IPO penting perusahaan internet terkemuka di Asia Tenggara Raya, Sea Ltd. di New York Stock Exchange , IPO AS terbesar dari sebuah perusahaan Asia Tenggara.

Sementara itu, Pandu diketahui salah satu investor terkemuka. Indies Capital, tempat Pandu menjabat sebagai Managing Partner, telah menginvestasikan lebih dari US$1,1 miliar dan merupakan pemegang saham di lebih dari 100 perusahaan selama tujuh tahun terakhir.

Dia kini juga menempati posisi di dewan komisaris Bursa Efek Indonesia dan GoTo Financial, Wakil Presiden Direktur PT TBS Energy Tbk., Presiden Direktur di Electrum (perusahaan patungan GoTo dan PT TBS Energy), dan pendiri perusahaan modal ventura yang fokus di Indonesia, AC Ventures. Pandu juga sempat menjadi Presiden Komisaris Sea Group Indonesia.

"Pembentukan dewan penasihat Carsome menggarisbawahi pentingnya dan fokus perusahaan di pasar Indonesia. Saya senang dapat membimbing tim Carsome untuk mempercepat pertumbuhan dan perluasan pasar Indonesia melalui pendekatan multi-cabang," ungkap Pandu.

Carsome adalah startup unicorn pertama Malaysia, yang berhasil mengumpulkan $290 juta dalam putaran pendanaan Seri E pada awal tahun ini. Pendanaan tersebut meningkatkan valuasi perusahaan menjadi sekitar US$1,7 miliar. Putaran pembiayaan terakhir dipimpin bersama oleh Qatar Investment Authority.


[Gambas:Video CNBC]

(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading