Daftar Startup Jual Beli Mobil Bekas, Valuasinya Triliunan

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
11 May 2022 19:38
Calon pembeli melihat mobil bekas yang di jual di Showroom Ngawi Jaya Motor, Pamulang, Tangerang Selatan, Kamis (7/4/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Marketplace online menjadi pilihan orang zaman sekarang untuk membeli sesuatu, termasuk mobil bekas.

Tak heran, startup jual beli mobil bekas yang kini kian menjamur. Bahkan, banyak dari para pemain tersebut sudah ada mendapakan gelar unicorn, sebuah istilah yang diberikan kepada startup yang memiliki valuasi melampaui US$1 miliar.

Sebut saja Carro dan Carsome, startup asal Singapura dan Malaysia tersebut valuasinya diperkirakan sudah melampaui US$1 miliar. Selain itu, ada OLX Autos yang merupakan bagian dari grup global OLX, bagian dari raksasa teknologi yang berbasis di Belanda, Prosus dan perusahaan yang pivot dari fokus sebagai pasar sepeda motor ke mobil bekas, Moladin.


1. Carro

Carro merupakan pasar mobil online di Asia Tenggara yang dirancang untuk menyederhanakan transaksi mobil menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Pada Juni 2021 lalu, Vision Fund 2 Softbank mengumumkan telah menyuntikkan dana pada startup asal Singapura tersebut. Dalam putaran pendanaan Seri C, Carro mendapatkan US$360 juta atau Rp5,1 triliun.

Carro tidak membuka informasi berapa valuasi perusahaan saat itu. Namun perusahaan hanya mengatakan telah menjadi startup asal Asia Tenggara yang melampaui US$1 miliar atau sudah menjadi unicorn.

tangkapan layar tampilan mobil 360 derajat CarroFoto: tangkapan layar Carro
tangkapan layar tampilan mobil 360 derajat Carro

Bagi para calon pembeli saat membuka website Carro, mereka akan dengan mudah melihat pilihan jenis mobil apa saja, lengkap dengan harga, simulasi cicilan, lokasi, hingga transmisi.

Saat di klik, tersedia foto-foto mobil tampak depan, samping dan belakang. Bahkan, calon pembeli bisa melihat mobil tersebut 360 derajat. Ini tentu akan memberikan pengalaman berbeda saat akan membeli mobkas secara online.

2. OLX Autos

OLX Autos merupakan layanan jual mobil online yang kini telah memiliki lebih dari 2.000 partner. Perusahaan yang dulu bernama BeliMobilGue ini memiliki 100+ lokasi inspeksi di 7 kota besar di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali dan Medan.

Menariknya di OLX Autos, calon pembeli akan disuguhkan kondisi mobil melalui grade yang tertera di foto mobil yang ditampilkan berdasarkan hasil inspeksi. OLX Autos juga menjamin mobkas yang dijual bebas banjir dan tabrakan.

3. Carsome

Carsome, startup unicorn pertama Malaysia, berhasil mengumpulkan $290 juta dalam putaran pendanaan Seri E pada awal tahun ini. Pendanaan yang didapatkan meningkatkan valuasi perusahaan menjadi sekitar US$1,7 miliar. Putaran pembiayaan terakhir dipimpin bersama oleh Qatar Investment Authority.

tangkapan layar tampilan 360 derajat CarsomeFoto: tangkapan layar Carsome
tangkapan layar tampilan 360 derajat Carsome

Menurut website Carsome Indonesia, terdapat 4.500 lebih dealer yang tepercaya yang telah bergabung di platform tersebut. Calon pembeli dapat mengajukan test drive dan melihat simulasi cicilan mobil.

4. Moladin

Startup ini baru saja memperoleh pendanaan seri B sebesar US$95 juta yang dipimpin oleh DST Global. Investor utama yang telah bergabung di putaran sebelumnya seperti East Ventures, Northstar Group, dan Sequoia Capital India juga berpartisipasi.

Sejak beralih ke pasar mobil bekas pada bulan Juni 2021,Moladin memilih model yang sedikit berbeda dengan pesaingnya. Daripada hanya fokus ke marketplace, startup ini mendukung para agen penjual mobil dengan aplikasi yang dikembangkan secara in-house. Saat ini, aplikasi tersebut berhasil digunakan oleh lebih dari 40.000 agen untuk mengembangkan bisnis mereka.

Selain itu, Moladin telah melihat pertumbuhan pesat dari bisnis mobil bekasnya, dengan volume transaksi tumbuh lebih dari 20x selama beberapa bulan terakhir.


[Gambas:Video CNBC]

(Intan Rakhmayanti Dewi/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading