Grup Saratoga Ternyata Pemegang Saham Unicorn Ini

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
07 June 2022 18:05
Insepeksi mobil bekas Carro Foto: dok Carro

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. atau yang lebih dikenal dengan MPM Group, membenarkan bahwa mereka berinvestasi secara langsung kepada Carro, platform jual beli mobil bekas asal Singapura.

Dana yang digelontorkan MPM Group, bagian dari Grup Saratoga yang terafiliasi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mencapai US$25 juta (sekitar Rp362 miliar).

Insepeksi mobil bekas CarroFoto: dok Carro
Insepeksi mobil bekas Carro

"Benar, bahwa Perseroan berinvestasi secara langsung sebesar US$25 juta di Carro," ujar Natalia Lusnita, GM Corporate Communication & Sustainability MPM, kepada CNBC Indonesia, Selasa (7/6/2022).


MPM Group sebelumnya diketahui telah menandatangani perjanjian jual beli pada tanggal 31 Mei 2022 dengan Carro.

Carro menginvestasikan dana senilai US$ 53,8 juta atau setara dengan Rp 783,8 miliar untuk menjadi pemegang saham pada PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent), dengan kepemilikan 50% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh

"Kemitraan ini akan menciptakan otomotif online dan offline terintegrasi yang unik ekosistem di Indonesia yang menawarkan penawaran produk dan layanan lengkap untuk kami pelanggan yang menggunakan pasar, mulai dari penyewaan dan pembiayaan hingga layanan asuransi Pasar B2B dan B2C," kata Suwito Mawarwati, Group Chief Executive Officer MPMX, dikutip dalam keterangan tertulis.

Natalia menyatakan investasi di Carro adalah transaksi terpisah dari divestasi saham MPMX di MPMRent kepada Carro.

"Transaksi ini adalah transaksi terpisah/tersendiri dengan kajian dan analisa tersendiri sebagai bentuk dari perwujudan peta jalan perseroan dalam investasi di industri startup teknologi dan bukan merupakan transaksi material," kata Natalia kepada CNBC Indonesia.

Carro merupakan pasar mobil bekas online yang beroperasi di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Pada Juni 2021 lalu, Vision Fund 2 Softbank mengumumkan telah menyuntikkan dana pada startup asal Singapura tersebut. Dalam putaran pendanaan Seri C, Carro mendapatkan US$360 juta atau Rp5,1 triliun.

Carro tidak membuka informasi berapa valuasi perusahaan saat itu. Namun perusahaan hanya mengatakan telah menjadi startup asal Asia Tenggara yang melampaui US$1 miliar atau sudah menjadi unicorn.


[Gambas:Video CNBC]

(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading