Kupas Tuntas Startup Marketplace Online Jual Beli Mobil Bekas

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
11 May 2022 14:45
Insepeksi mobil bekas Carro

Jakarta, CNBC Indonesia - Membeli mobil bekas sama sekali berbeda dengan membeli mobil baru. Kebanyakan orang yang mencari mobil bekas harus berurusan dengan penjual yang kurang ideal.

Selain itu, harga yang diminta para penjual berfluktuasi terus-menerus dan dapat berubah seketika. Tidak ada rumus yang tepat untuk menemukan mobil bekas yang bagus.

Menurut ekonomi riset dari bank federal St. Louis, Amerika Serikat, beberapa penjual yang benar-benar memiliki mobil bekas berkualitas tinggi tidak mau menjualnya di bawah harga sebenarnya, jadi mereka menyimpan mobil tersebut. Di sisi lain, penjual mobil berkualitas rendah dengan senang hati menjual mobil bekas kepada pembeli.


Harga rendah yang ditawarkan kemudian mengurangi kualitas keseluruhan mobil bekas di pasar. Makin sedikit yang ditawarkan, membuat mobil berkualitas tinggi jarang ditemukan di pasar.

Siklus ini menyebabkan inefisiensi pasar karena transaksi yang akan menguntungkan pembeli dan penjual gagal terjadi. Artinya, meskipun penjual bersedia menjual mobil bekas berkualitas tinggi kepada pembeli dengan harga yang wajar, transaksi tersebut tidak terjadi karena pembeli tidak yakin dengan kondisi mobilnya.

Karena masalah tersebut, hadir para marketplace jual beli mobil bekas yang datang dengan menawarkan solusi seperti Carsome dan Carro.

Carsome, perusahaan rintisan atau startup asal Malaysia tersebut ingin mengurangi jumlah gesekan yang ada di pasar mobil bekas.

CEO Carsome, Eric Cheng, menyebut bahwa jual beli mobil bekas adalah proses yang melelahkan, karena pembeli dan pedagang harus berada di lokasi untuk mengevaluasi dan memeriksa mobil.

Tantangan juga muncul ketika pelanggan memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang cara menaksir harga mobil bekas. Bahkan, ketika pelanggan telah memutuskan untuk membeli, rupanya performa mobil jauh berbeda saat dikemudikan.

Karena banyak rasa tidak percaya dalam pasar mobil bekas, Eric berusaha menyelesaikan masalah ini dengan teknologi dan data.

Inspeksi Lengkap hingga Klip Audio Bunyi Mesin
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading