Kupas Tuntas Bisnis Startup Quick Commerce yang Lagi Menjamur

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
10 May 2022 12:05
Toko Ritel

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa tahun lalu, berbelanja produk yang dikirim dalam waktu satu jam setelah memesan adalah mimpi yang rasanya mustahil. Namun, konsep ini sekarang menjadi bagian dari kenyataan.

Permintaan atas pengiriman kilat ini telah menciptakan domain industri baru yang disebut quick commerce atau disingkat q-commerce. Bisnis quick commerce juga sudah mulai masuk ke pasar Indonesia lewat pemain besar seperti Allo Fresh dan startup seperti Astro dan Bananas.

Namun, apa itu quick commerce dan apa bedanya dengan e-commerce?


Quick commerce atau niaga cepat adalah model bisnis e-commerce yang didorong oleh pengiriman barang sesuai permintaan dalam waktu yang singkat. Kebanyakan perusahaan penyedia quick commerce menjanjikan pengiriman barang belanjaan, maksimal dalam satu jam setelah order diterima.

Model bisnis quick commerce menggabungkan manfaat e-commerce (belanja melalui internet) dan pengalaman belanja tradisional (menyelesaikan perdagangan dalam hitungan menit) untuk menciptakan model bisnis baru yang memenuhi tuntutan konsumen online, demikian dikutip CNBC Indonesia dari Feedough, Selasa (10/2/2022)

Model bisnis quick commerce membedakan dirinya dari model bisnis lain dengan menyediakan fitur-fitur sebagai berikut:

- Waktu pengiriman singkat

Fokus utama quick commerce adalah menyediakan pengiriman secepat mungkin, biasanya menargetkan kurang dari 1 jam waktu pengiriman. Beberapa platform quick commerce bahkan menjanjikan barang tiba hanya 15 menit setelah order.

- Kenyamanan

Kenyamanan adalah fitur terpenting dalam quick commerce. Dengan menawarkan cara memesan menggunakan aplikasi, pengguna bisa memesan barang dari mana saja dan kapan saja.

- Pengiriman 24 jam

Quick commerce memberi pelanggan pilihan untuk menerima pesanan mereka kapan saja sesuai dengan keinginan mereka. Penyedia layanan quick commerce biasanya tidak menetapkan jendela waktu pengiriman tertentu, seperti yang diterapkan oleh perusahaan e-grocery.

- Keandalan

Para pelanggan yakin akan pengiriman dan kualitas barang yang dikirimkan.

- Harga lebih murah

Perusahaan quick commerce sering membeli stok barang dagangan dalam jumlah besar. Artinya hal ini mengurangi biaya rata-rata setiap produk dan memungkinkan mereka menawarkan diskon yang lebih besar.

- Pelacakan pesanan

Pelacakan pesanan adalah fitur lain dari quick commerce yang memungkinkan pelanggan memonitor proses pengiriman barang yang mereka pesan.

- Toko serba ada

Perusahaan quick commerce biasanya mengembangkan aplikasi mereka tempat pengguna dapat memesan lebih banyak kategori produk hanya dari satu platform.

Cara Quick Commerce Beroperasi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading