Bisa Ekspor Vaksin, Erick Thohir: RI Jangan Cuma Fakir Sains

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
09 June 2022 14:35
Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan baiknya Indonesia tak dalam posisi menjadi fakir sains. Ini terkait kemandirian vaksin yang telah bisa dilakukan melalui vaksin Covid-19 BUMN.

Vaksin BUMN yang dikembangkan oleh BioFarma saat ini masuk ke uji klinis tahap 3. Diperkirakan Indonesia punya vaksinCovid-19 buatan dalam negeri pada Juli mendatang.

Kita tidak bisa diposisikan ... seperti ke depannya menjadi fakir untuk penemuan sainsMenteri BUMN Erick Thohir

"Pandemi ini mengajarkan bersama-bersama bahwa pentingnya kita membangun kedaulatan kesehatan, daripada masyarakat sebagai bangsa kita sendiri. Kita tidak bisa diposisikan bagaimana kita seperti ke depannya menjadi fakir untukĀ penemuan sains atau industri kesehatan menyeluruh," jelas Erick dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022).


Dia mengatakan mendukung transformasi yang dilakukan berbagai pihak seperti Kementerian Kesehatan dan Badan POM. Begitu pula di BUMN, yang tidak bergantung lagi dari negara lain.

"Apakah dalam konteks bahan baku obat, mendorong masyarakat menyeluruh, baik menjaga percaya kepada kesehatan dalam negeri, atau terobosan hari ini punya vaksin sendiri tidak import vaksin," kata Erick.

Untuk penggunaannya, Erick memastikan pada tahap awal akan diberikan untuk masyarakat Indonesia lebih dulu. Namun, dia tak menutup kemungkinan jika akan ada produksi vaksin secara luas.

Dante Saksono, Wakil Menteri Kesehatan, juga tak menutup kemungkinan vaksin akan diekspor. Untuk di dalam negeri kemungkinan vaksin digunakan sebagai dosis booster.

"Angka vaksinasi sudah 400 juta vaksinasi, belum tahu kapan selesainya. Sero survey menunjukkan antibodi kita tinggi, tapi kapan antibodi akan turun dan tentu akan dibarengi dengan booster," ungkap Dante.

"Salah satu di antara alternatif booster tersebut adalah, vaksin yang diproduksi BUMN diarahkan ke sana. Di samping vaksin primer untuk mereka yang belum divaksin."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RI Siapkan Vaksin Merah Putih & Vaksin BUMN, Kenapa?


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading