Bos IMF Sebut Uang Kripto Ini Penipuan Skema Piramida

Tech - Tim, CNBC Indonesia
24 May 2022 20:37
Managing Director Kristalina Georgieva, September 25, 2019, Washington. [Photo: AFP/Eric Baradat]

Jakarta, CNBC Indonesia - Dana Moneter Internasional (IMF) menyebut Stablecoin yang tidak didukung oleh aset riil adalah penipuan skema piramida. Hal tersebut diungkap menanggapi runtuhnya TerraUSD dan Terra Luna yang menimbulkan gejolak di pasar cryptocurrency.

Stablecoin adalah jenis cryptocurrency yang bertujuan untuk melacak aset lain. Dalam kasus TerraUSD, atau UST, mereka berjanji untuk melacak dolar AS. Jadi satu UST akan setara dengan satu dolar.

Sedangkan stablecoin lain seperti tether dan USD Coin mengklaim didukung dengan mata uang fiat (uang resmi yang diterbitkan bank sentral) dan obligasi pemerintah, UST tidak memiliki cadangan. Sebaliknya, kemampuan UST untuk mematok dirinya sendiri terhadap dolar mengandalkan algoritme.


Awal bulan ini, UST kehilangan patok dolarnya. Luna, token saudara dari UST, menjadi US$0.

Episode tersebut memicu kemerosotan besar-besaran dalam pasar cryptocurrency yang membuat nilai miliaran dolar terhapus dari pasar.

"Ketika kita melihat stablecoin, ini adalah area di mana kekacauan besar terjadi. Jika stablecoin didukung dengan aset, 1-1 itu stabil," kata Kristalina Georgieva, direktur pelaksana IMF, dalam panel yang dimoderatori oleh CNBC Internasional di Forum Ekonomi Dunia, dikutip Selasa (24/5/2022).

Namun, lanjutnya, ketika tidak didukung dengan aset, tetapi dijanjikan untuk memberikan pengembalian 20%, itu adalah skema piramida.

"Apa yang terjadi dengan piramida? Mereka akhirnya hancur berkeping-keping." tuturnya.

Skema piramida atau sering disebut sebagai skema ponzi adalah penipuan investasi yang menjanjikan keuntungan besar bagi mereka yang bergabung duluan. Keuntungan yang dibagikan para anggota lama ini berasal dari dana milik anggota baru. Skema penipuan ini akan bermasalah ketika terjadi perlambatan penambahan anggota baru atau tidak ada lagi penambahan anggota baru.

UST dibuat oleh Terraform Labs yang berbasis di Singapura pada 2018. Terraform Labs juga menjalankan Anchor, platform peminjaman dan penyimpanan.

Anchor menawarkan kepada investor 20% hasil tahunan di UST jika mereka menyimpannya di platform.

Komentar Georgieva muncul setelah Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengatakan cryptocurrency "tidak berharga" dalam sebuah wawancara TV yang ditayangkan selama akhir pekan.

Dan pada hari Senin, Kepala Investasi Guggenheim Scott Minerd mengatakan bahwa dia pikir bitcoin bisa turun menjadi US$8.000 dari level saat ini sekitar US$30.000, dan menambahkan bahwa sebagian besar cryptocurrency adalah "sampah."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Titah Pejabat IMF: Negara Harus Perketat Regulasi Bitcoin Cs


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading