Kabar Baik! Vaksin Covid-19 BUMN Ditargetkan Siap Pakai Juli

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 May 2022 19:21
Bio Farma Jadi Induk Holding Farmasi (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu vaksin Covid-19 yang dibuat di dalam negeri, vaksin BUMN direncanakan selesai Juli 2022. Di akhir bulan itu juga diperkirakan sudah bisa mengantongi emergency use authorization (EUA) dari Badan POM.

Sebagai informasi, vaksin BUMN merupakan hasil kerja sama Bio Farma dengan Baylor College of Medicine. "Vaksin BUMN lagi uji klinis, uji klinis 1 tapi langsung nanti 2-3. Rencana kita selesai Juli, kita harap akhir Juli sudah dapat EUA dari BPOM," kata Honesti ditemui di DPR, Jakarta, Senin (23/5/2022).

Vaksin tersebut melakukan uji klinis di dalam negeri. Honesti mengatakan berada di beberapa daerah seperti Jakarta, Semarang , Makassar, dan Sumatera Barat.


Seperti diketahui, program vaksin di Indonesia sudah dilakukan sejak tahun lalu. Bahkan sudah masuk ke pemberian dosis ketiga, jadi vaksin baru yang akan masuk pun kemungkinan tidak akan bisa menjadi vaksin primer atau dua dosis awal.

Ditanyakan soal peruntukan vaksin BUMN nantinya, Honesti mengatakan menyerahkan keputusan tersebut untuk pemerintah.

"Nanti kita serahkan untuk pemerintah, pakai booster, rencana donasi negara Afrika terserah pemerintah," jelasnya.

Selain dengan Baylor, Bio Farma juga bekerja sama dengan Eijkman dalam program vaksin Merah Putih. Honesti menjelaskan seed vaccine sudah dioptimalisasi.

"Belum (uji klinis), itukan di bawah BRIN. Kita tunggu aja dari Eijkman dan BRIN gimana," ungkap Honesti.

Honesti dalam RDP dengan Komisi VII bulan Januari lalu menjelaskan soal banyaknya program vaksin dalam negeri. Saat itu dia menjelaskan pembuatan vaksin penuh risiko, jadi jangan sampai mengandalkan satu produk saja.

"Pengalaman kita, vaksin tingkat risiko tinggi. Ada opsi, jangan sampai menggantungkan satu produk tapi enggak selesai. Orang akan bertanya Bio Farma enggak punya opsi," jelas Honesti.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bos Bio Farma Ungkap Nasib Vaksin BUMN Buat Lawan Covid-19


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading