Elon Musk Debat Dengan Jack Dorsey Soal Algoritme Twitter

Tech - Tim, CNBC Indonesia
17 May 2022 15:35
Elon Musk's Twitter profile is seen on a smartphone placed on printed Twitter logos in this picture illustration taken April 28, 2022. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Elon Musk, orang terkaya di dunia versi Forbes, kembali menggunakan Twitter untuk mengkritik platformnya. Pada jutaan followers-nya dia memberikan tips untuk "memperbaiki" Twitter feed dengan meminta mereka untuk mengubah feed mereka ke urutan kronologis terbaik dengan memilih opsi "Latest Tweets" di tampilan depan.

Elon Musk juga menyampaikan pengguna Twitter "telah dimanipulasi menggunakan algoritme" tanpa mereka sadari, seperti dikutip dari Indian Express, Selasa (17/5/2022). Pernyataan ini kemudian dikoreksi sendiri oleh Elon Musk dengan menyatakan dia tidak memiliki niat jahat apa pun pada algoritma.

Berikut tips dari Elon Musk agar pengguna tak mengikuti algoritme Twitter:


  1. Klik tombol home di Twitter
  2. Tekan ikon stars yang ada di pojok kanan atas
  3. Pilih mode latest tweets.
Twitter CEO Jack Dorsey addresses students during a town hall at the Indian Institute of Technology (IIT) in New Delhi, India, November 12, 2018. REUTERS/Anushree FadnavisFoto: CEO Twitter Jack Dorsey berpidato di depan balai kota di Institut Teknologi India (IIT) di New Delhi, India, 12 November 2018. REUTERS / Anushree Fadnavis

Pendiri Twitter, Jack Dorsey, membantah tudingan Elon Musk dan membela algoritme Twitter. Menurutnya hal itu hanya dirancang untuk menghemat waktu orang-orang ketika mereka kurang aktif di Twitter untuk sementara waktu.

"Algoritme dirancang hanya untuk menghemat waktu Anda ketika tidak aktif dari aplikasi untuk sementara waktu. Tarik ke bawah untuk menampilkan tweet yang terbaru," ungkap Jack Dorsey.

Sebelumnya, Elon Musk berniat untuk mengakuisisi 100% saham Twitter senilai US$44 miliar. Namun akuisisi ini ditunda karena Elon Musk mempertanyakan soal proporsi akun spam dan akun palsu di platform media sosial microblog itu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Deretan Orang Kaya Hobi Kaos Oblong, Bukan Hanya Elon Musk


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading