Ini Sistem yang Dipakai Startup Untuk Pantau Karyawan WFA

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
13 May 2022 19:49
INFOGRAFIS, PNS Siap-Siap Kerja dengan Gaya Baru: WFA (Work From Anywhere) Foto: Infografis/ WFA (Work From Anywhere)/ Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia - Sistem kerja Work From Anywhere (WFA) atau kerja dari mana saja sudah banyak diterapkan di perusahaan rintisan atau startup. Sekarang cara ini mau dicobakan pemerintah untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Jika tidak bertemu secara tatap muka, lalu bagaimana pihak perusahaan untuk memastikan kinerja dan produktivitas karyawan?

Infrastruktur teknologi tentu berperan penting dalam hal ini. CEO Mekari Suwandi Soh, menyebut, teknologi yang digunakan bisa disesuaikan dengan tipe pekerjaan.


Jika pekerjaan sangat mementingkan waktu, fitur lokasi di aplikasi mobile Talenta bisa membantu.

"Sedangkan untuk mengelola kehadiran, bisa menggunakan mobile-based clock-in dengan GPS," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (13/5/2022).

Selain itu, fitur seperti Tasks membantu pekerja untuk melaporkan apa saja yang dikerjakan hari itu dan berapa lama.

Tapi, jika tipe pekerjaannya lebih ke output based, fitur Tasks dan Performance (KPI) akan lebih penting untuk digunakan.

Suwandi menyebut, cara kerja Mobile Attendance cukup sederhana. Para karyawan cukup download aplikasinya sesuai akses yang diatur perusahaan, kemudian clock-in dari aplikasi yang secara otomatis membantu mengambil foto selfie dan lokasi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Investor: Startup Kripto Modal Kecil, Langsung Cuan


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading