Lebih Produktif, Alasan Startup Boleh Kerja dari Mana Saja

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
13 May 2022 16:40
INFOGRAFIS, PNS Siap-Siap Kerja dengan Gaya Baru: WFA (Work From Anywhere)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bekerja dari mana saja, atau yang lebih populer dengan istilah WFA (work from anywhere), sudah populer di kalangan startup. Beberapa alasan dipilih para perusahaan rintisan saat mengambil keputusan untuk melakukan WFA bagi para karyawan, salah satunya bisa lebih produktif.

Seperti yang diungkap oleh Stockbit dan Bibit. Kedua startup finansial yang tergabung dalam satu grup tersebut mulai memberlakukan WFA sejak Januari 2022.

PR & Corporate Communication Lead, Stockbit and Bibit, William, mengatakan jika dilihat produktivitas, memang terbukti lebih efektif jika pekerjaan dilakukan secara WFA.


Alasannya, karyawan dapat secara fleksibel memilih jam kerja, menghemat waktu dalam perjalanan serta bisa memilih tempat bekerja yang membuat mereka paling nyaman.

Namun, di saat yang sama ada juga beberapa divisi yang memilih bekerja secara offline atau dari kantor karena mereka merasa ada hambatan jika bekerja secara WFH.

"Mereka kesulitan untuk melakukan brainstorming secara efektif karena tidak semua karyawan bisa mengekspresikan pendapatnya dengan luwes, khususnya saat pertemuan secara virtual [online]," kata William kepada CNBC Indonesia, Jumat (13/5/2022).

Oleh karena itu, Stockbit dan Bibit menerapkan WFA, yaitu karyawan tetap boleh memilih untuk bekerja di kantor atau di luar kantor sesuai dengan preferensi dan kebutuhan.

Keduanya, hingga saat ini, masih belum ada wacana untuk menjalankan pekerjaan dari kantor. Mereka percaya bahwa WFA dapat mempertahankan dan meningkatkan produktivitas dengan baik.

Hal senada diungkap oleh Zenius. Startup di bidang pendidikan itu, mulai mengambil kebijakan WFA sejak awal bulan Maret 2020.

Menurut Sabda PS selaku Founder and Chief Education Officer Zenius, WFA berdampak positif pada produktivitas karyawan, khususnya karena setiap karyawan dapat menghemat waktu yang biasanya terpakai untuk perjalanan.

"Alokasi waktu ini dapat digunakan untuk melakukan hal-hal lain di pagi hari sebelum bekerja atau melakukan hal-hal baru yang produktif. Terbukti, kinerja dan produktivitas kami terus mencatatkan pertumbuhan yang positif," ungkapnya.

Dibekali Peralatan untuk Kerja dari Mana Saja
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading