Terra LUNA Anjlok, Bosnya Siapkan Langkah Penyelamatan Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
12 May 2022 14:10
terra luna crypto

Jakarta, CNBC Indonesia - Pihak Terra LUNA mulai merencanakan langkah penyelamatan terkait nilai stablecoin itu yang anjlok di bawah US$1 dalam waktu singkat. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Do Kwon, pendiri Terraform Labs (TFL) yang merupakan organisasiĀ di belakang UST, Terra (LUNA) dan Luna Foundation Gurs (LFG), dalam akun Twitternya.

"Saya pahamĀ 72 jam terakhir sangat sulit untuk Anda semua, ketahuilah saya bertekad untuk bekerja sama dengan Anda semua untuk mengatasi krisis ini dan kami akan membangun jalan keluar dari ini," jelasnya. "Bersama," kata dia seperti dikutip dari Tech Crunch, Kamis (12/5/2022).

LFG diketahui juga mencari dana mengumpulkan lebih dari US$1 miliar dari perusahaan investasi dan pembuat pasar, ungkap The Block yang mengutip sejumlah sumber. Laporan itu mengatakan kesepakatan belum selesai dan dalam tahapan negosiasi untuk investor bisa membeli LUNA dengan diskon 50% dengan jadwal vesting dua tahun.


Sejak saat itu, LUNA didiskon jauh dari nilai tersebut. Jadi belum pasti apakah investor masih akan mempertimbangkan kesepakatan itu.

"Sebelum hal lain, satu-satunya jalan adalah menyerap pasokan stablecoin yang ingin keluar sebelum $UST dapat mulai repeg. Tidak ada jalan lain," tulis Kwon.

Sebagai informasi, UST merupakan stablecoin algoritmik yang bertukar antara LUNA dan UST saat nilainya berada di atas atau di bawah rasio 1:1. Dengan begitu UST bisa bertahan dari dolar AS. Mereka menggunakan mekanisme pembakaran atau burning untuk menjaga nilainya.

Misalnya saat UST seharga US$1 dibeli, LUNA senilai US$1 dibakar dan begitu juga sebaliknya. Jika melampaui US$1, arbitrageur didorong membakar LUNA menghasilkan lebih banyak UST dan mengembalikannya ke angka US$1. Sebaliknya, saat turun di bawah US$1 maka UST akan hangus untuk LUNA.

Sebagai catatan, istilah pembakaran mengacu pada mekanisme umum dalam kripto untuk menarik token keluar dari peredaran dalam rangka menjaga permintaan serta pasokan tetap sehat.

Cara ini bisa mengurangi pasokan yang tujuannya membuat koin lebih langka dan berharga, jadi stablecoin seperti UST akan tidak bergerak. Namun dalam kasus terbaru, ada banyak modal ditarik dari UST setelah LUNA dijual menyebabkan nilai yang turun drastis.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Terra LUNA Coin Anjlok dari Rp 1 Juta ke Rp 15 Ribu, Kenapa?


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading