Mau Ditemui Jokowi, Seperti Ini 'Kesaktian' Elon Musk

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
10 May 2022 08:45
FILE PHOTO: Tesla Motors CEO Elon Musk speaks during the National Governors Association Summer Meeting in Providence, Rhode Island, U.S., July 15, 2017. REUTERS/Brian Snyder/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan sedang mengatur pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan CEO Tesla Elon Musk di Amerika Serikat (AS).

Hal ini disampaikannya dalam konferensi pers di Kantor Presiden pada Senin (9/5/2022). Kebetulan pada 11-13 Mei 2022, Jokowi akan mengadakan kunjungan kenegaraan ke AS.

"Nanti pada tanggal 14 Mei saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat, Elon berjanji akan mengubah schedule-nya demi menemui langsung Presiden Jokowi yang juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX," kata Luhut melalui laman Instagram resminya, dikutip Selasa (10/5/2022).


Pemerintah Indonesia diketahui sangat getol untuk merayu Elon Musk agar berinvestasi di tanah air. Pasalnya, investasi tersebut bisa menciptakan lapangan kerja baru dan mendorong perkembangan teknologi di bidang mobil listrik dan baterai listrik.

Lantas seperti apa 'kesaktian' Elon Musk? Dalam bidang bisnis, orang terkaya di dunia versi majalah Forbes ini memang dikenal suka mengambil resiko tinggi dan punya visi yang luar biasa. Dia acap kali menjadi pionir dari bisnis yang belum dimasuki oleh pengusaha lain.

Lihat saja bisnis yang dikembangkannya. Mulai dari pembayaran internet, mobil listrik, perusahaan roket luar angkasa hingga chip di otak. Ia juga dikenal karena memiliki pengaruh yang besar di media sosial.

Berikut beberapa bisnis yang pernah dan sedang dikembangkan Elon Musk yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Tesla Inc

Forbes mencatat Elon Musk memiliki total kekayaan sebesar US$264 miliar dan menjadi orang terkaya di dunia. Penyumbang utamanya adalah perusahaan bernama Tesla, dikutip Selasa (10/5/2022).

Ini merupakan salah satu perusahaan produsen mobil listrik. Ia merupakan pendiri dan CEO Tesla. Elon Musk diketahui memiliki 21% saham perusahaan dan kekayaan bertambah seiring naiknya harga saham Tesla karena meningkatkan perhatian masyarakat pada pengurangan kendaraan berbahan bakar fosil yang merusak lingkungan.

2. SpaceX

Space Exploration Technologies Corp (SpaceX) merupakan startup pembuat roket luar angkasa dan sekarang merambah internet satelit. Perusahaan ini didirikan pada 2002. Ini untuk mengeksplorasi impian Elon Musk kemungkinan manusia bisa hidup di planet lain selain Bumi.

Tahun lalu CNBC International melaporkan SpaceX memiliki valuasi menyentuh US$100 miliar dan menjadi perusahaan private paling berharga kedua di dunia setelah Bytedance (induk Tiktok) versi CB Insight. Elon Musk dikabarkan menguasai 43,61% saham perusahaan.

Boring Company hingga Twitter
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading