Ini Dia Orang yang Kelola Uang Elon Musk Miliaran Dolar AS

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
26 April 2022 15:30
FILE - Elon Musk founder, CEO, and chief engineer/designer of SpaceX speaks during a news conference after a Falcon 9 SpaceX rocket test flight at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla, Jan. 19, 2020. Musk won't be joining Twitter's board of directors as previously announced. The tempestuous billionaire remains Twitter’s largest shareholder. (AP Photo/John Raoux, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak yang belum tahu bahwa ada sebuah family office yang mengelola kekayaan Elon Musk dan membantu mengumpulkan dana untuk akuisisi terbesar oleh seorang individu. Namun kantor tersebut penuh dengan misteri dan keberadannya diselimuti kerahasiaan.

Keberadaan family office itu baru terungkap ketika Elon Musk memberi informasi mengenai penawaran pembelian Twitter. Dalam keterbukaan informasi ke regulator pekan lalu, pria 50 tahun itu menyatakan Twitter bisa menghubungi family office untuk membahas penawaran yang diajukan.

Seperti yang diketahui bos Tesla dan SpaceX, secara resmi sudah mencapai kesepakatan membeli Twitter seharga $54,20 per saham tunai dalam transaksi senilai sekitar US$44 miliar.


Family office yang mengelola aset Musk ini berbasis di Austin, Texas. Kantor tersebut bernama Excession dan orang yang membantu membangunnya adalah Jared Birchall, mantan bankir Morgan Stanley yang menjadi penasihat Musk selama beberapa tahun terakhir.

Dia juga menyewa seorang penyelidik untuk menyelidiki kritikus Elon Musk yang disebut Musk sebagai "pria pedo" pada tahun 2018, menurut dokumen pengadilan.

Lahir pada tahun 1974, Birchall dipekerjakan oleh Musk dari Morgan Stanley pada tahun 2016 untuk bekerja di kantor keluarganya.

Birchall juga merupakan kepala eksekutif perusahaan chip otak Musk, Neuralink, direktur di perusahaan terowongan Musk, Boring Company, dan anggota dewan di yayasan filantropi Musk.

Catatan pendaftaran bisnis dengan pengawas keuangan Texas dari akun publik mencantumkan Birchall juga menjabat sebagai manajer Excession pada tahun 2021.

Peran ganda Birchall tidak biasa bagi manajer kantor keluarga dan menggambarkan kepercayaan Musk kepadanya.

"Begitu Anda menunjuk seseorang untuk menjalankan kantor keluarga, itu berarti Anda mempercayainya. Dan Elon ingin mengaturnya dengan cara yang memungkinkan dia (Birchall) mengontrol secara maksimal," kata Raphael Amit, seorang profesor manajemen di Wharton School, dikutip dari Reuters, Selasa (26/4/2022)

Morgan Stanley memimpin pembiayaan tawaran Musk untuk Twitter dan memberi masukan Musk ke depannya soal kesepakatan yang berhasil.

Pada dasarnya Excession dikelola oleh dua orang pada 2019, Musk mengatakan dalam persidangan pencemaran nama baik di pengadilan federal di Los Angeles pada saat itu.

Bukan hal yang aneh jika sekelompok kecil orang mengelola kantor keluarga, kata sumber industri, meskipun sebaliknya, kantor keluarga miliarder Jeff Bezos dilaporkan dikelola oleh lebih dari 100 orang.

Tidak ada persyaratan peraturan bagi kantor keluarga untuk mengungkapkan secara terbuka aset mereka atau siapa orang yang ada di baliknya. Hal itu membuat kepemilikan Excession serta nilai aset dan jumlah karyawannya tidak dapat dipelajari.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Berharta Rp 4.300 Triliun, Seberapa Kayanya Elon Musk?


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading