Elon Musk Sebut Ada Selusin Startup di Balik Tesla, Apa Saja?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
26 April 2022 12:55
Mobil elektrik (Tangkapan layar ig pandusjahrir)

Jakarta, CNBC Indonesia - Elon Musk pernah menyatakan bahwa Tesla, perusahaan mobil listrik miliknya, bukan hanya satu startup, melainkan lusinan startup yang bergerak di industri yang berbeda-beda.

Hal itu ia ungkap dalam tweet-nya saat menanggapi artikel CleanTechnica di Twitter. Seperti misalnya, ada tim di dalam Tesla yang khusus mengembangkan cip komputer dari tahap paling awal, khusus untuk mendukung teknologi swakemudi Tesla. Aktivitas seperti ini bukan sesuatu yang dilakukan oleh perusahaan mobil biasa.

Berikut ini daftar vertikal startup yang menjadi fondasi dari produsen mobil Tesla, yang mungkin bisa jadi ide bisnis ke depannya.


Baterai

Bagian terpenting dalam mobil listrik Tesla, sekaligus dijual sebagai produk terpisah. Baterai adalah fokus yang jelas karena Tesla terlibat langsung desain, pengembangan berkelanjutan, dan produksi komponen ini. Bahkan, baterai bisa dipecah ke dalam beberapa bisnis yang terpisah seperti pengepakan, desain sel, dan aplikasi penyimpanan energi.

Asuransi

Asuransi mobil Tesla adalah bisnis menarik Tesla yang juga membosankan. Hal ini pasti akan mendapatkan tempat sebagai startup yang potensial. Elon Musk sendiri telah meminta aktuaris revolusioner untuk melamar bekerja di Tesla untuk membantu merevolusi asuransi mobil, dan mungkin dapat membantu merombak asuransi secara lebih luas.

Autopiloteye

Dulu mungkin perangkat Autopilot Tesla disediakan oleh Mobileye. Karena berbagai alasan, mereka berpisah dan akhirnya Tesla membangun sistem Autopilot-nya sepenuhnya sendiri, sedangkan Mobileye dibeli oleh Intel. Ini adalah startup yang signifikan dalam Tesla. Selain itu, ada tim pengembang sistem semi-otonom yang ukurannya lebih kecil, tetapi teknologi yang mereka kembangkan telah bernilai miliaran dolar.

Dari Jok hingga Tambang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading