Jeff Bezos Lewat, Elon Musk Cuan Rp 1.730 Triliun Tahun Ini

Tech - roy, CNBC Indonesia
31 December 2021 10:40
FILE PHOTO: Tesla Motors CEO Elon Musk speaks during the National Governors Association Summer Meeting in Providence, Rhode Island, U.S., July 15, 2017. REUTERS/Brian Snyder/File Photo Foto: CEO Tesla Elon Musk (REUTERS/Brian Snyder)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun 2021 mungkin tahun yang sulit bagi sebagian besar penduduk Bumi karena pandemi Covid-19 masih berlanjut. Namun bagi orang terkaya di sejagat, tahun ini berarti cuan yang melimpah.

Tak percaya? Lihatlah Elon Musk. Tahun ini dia berhasil menyabet gelar orang terkaya di dunia menggeser pendiri Amazon Jeff Bezos yang sudah menduduki posisi bergengsi ini selama hampir dua tahun terakhir.

Bloomberg Billionaires Index mencatat harta kekayaan Elon Musk kini mencapai US$277 miliar. Pada 2020 harta Elon Musk baru mencapai US$156 miliar. Artinya kekayaannya bertambah US$121 miliar dalam setahun atau setara Rp 1.730,3 triliun (asumsi Rp 14.300/US$), seperti dikutip dari CNBC International, Jumat (31/12/2021).


Kenaikan harta kekayaan Elon Musk yang fantastis ini tak lepas dari kinerja sama perusahaan mobil listrik Tesla Inc. Dalam satu tahun ini harga saham Tesla sudah naik 60%. Kapitalisasi pasar Tesla pun sudah menyentuh US$1 triliun pada Oktober lalu.

Baru-baru ini Elon Musk telah menjual jutaan saham Tesla miliknya untuk membayar tagihan pajak senilai US$12 miliar yang dilaporkan terkait dengan paket opsi saham yang telah dia terima pada 2012. Elon Musk termasuk salah satu petinggi perusahaan yang mendapatkan gaji US$1 per bulan.

Bagaimana dengan Jeff Bezos? Bloomberg Billionaires Index menghitung harta pendiri Amazon mencapai US$195 miliar pada tahun ini. Bertambah US$5 miliar dari tahun sebelumnya atau setara Rp 71,5 triliun.

Pada Juli lalu, Jeff Bezos mengundurkan diri sebagai CEO Amazon dan memutuskan untuk fokus pada Bezos Earth Fund, Blue Origin (perusahaan roket luar angkasa, dan The Washington Post and the Amazon Day 1 Fund.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Elon Musk Geser Jeff Bezos, Jadi Orang Terkaya di Dunia


(roy/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading