Elon Musk: Manusia Berangkat ke Mars 5 Tahun Lagi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 December 2021 15:30
Elon Musk

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang terkaya di dunia, Elon Musk memprediksi perusahaan roketnya SpaceX akan dapat memberangkatkan manusia ke planet Mars dalam 5-10 tahun mendatang.

Hal ini disampaikannya saat tampil di podcast Lex Fridman. Pendiri Tesla ini juga menegaskan manusi harus menjadi "spesies multi-planet" dan SpaceX sedang mengembangkan teknologi untuk mendukung perjalanan itu.

"Skenario terbaru [manusia berangkat ke Mars] 5 tahun lagi, skenario terburuk 10 tahun lagi," ujar Elon Musk seperti dihimpun dari New York Post, Kamis (30/12/2021).


Elon Musk menambahkan saat ini SpaceX sedang berusaha untuk mencari desain terbaru untuk roket Starlink dan memangkas proyeksi biaya perjalanan ke Mars.

"Ada biaya tertentu per ton ke permukaan Mars di mana kami dapat menyetujui itu untuk membangun kota mandiri, bila di atas itu kami tidak mampu melakukannya," kata Elon Musk.

"Saat ini, Anda tidak bisa terbang ke Mars dengan biaya US$1 triliun. Tidak ada jumlah uang yang bisa membawa Anda ke Mars. Kita perlu mewujudkannya," tambahnya.

SpaceX melakukan penerbangan antariksa sipil pertamanya pada bulan September dengan membawa empat orang awak. Dijuluki "Inspiration4," misi tersebut menggunakan pesawat ruang angkasa SpaceX's Crew Dragon dan roket Falcon 9 yang dapat digunakan kembali.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Internetan di Udara, SpaceX Pasang Wifi Gratis di Pesawat


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading