Di Dubai, Majelis Ramadan Digelar di Metaverse

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
21 April 2022 20:17
metaverse meta majelis

Jakarta, CNBC Indonesia - Sulit dimungkiri, saat ini popularitas metaverse terus meningkat. Terbaru, Dubai menghadirkan acara kumpul-kumpul Ramadan pertama di metaverse.

Ruang metaverse yang disebut Meta Majlis, dibuat untuk menunjukkan kepada orang-orang, sekilas gambaran penggunaan dunia virtual sebagai ruang pertemuan komunitas (majelis).

Menurut Gulfnews, metaverse ini memiliki rumah sakit, kantor, museum dan tempat lain yang dapat dikunjungi oleh orang-orang yang memakai headset realitas virtual (VR).


Di Meta Majlis, setiap orang diwakilkan dengan avatarnya untuk berinteraksi satu sama lain serta dengan segala macam fitur yang tersedia di metaverse, seperti sebagai pemutaran video atau berbagi dokumen.

Meta Majlis ini dikembangkan bersama oleh Chikara Global, kelompok kolektif wanita yang bekerja dengan pengrajin dan seniman di seluruh dunia, dan Biennale.io, ekosistem berbasis komunitas yang melayani pencipta di ruang seni dan budaya di Timur Tengah.

Mariam Ketait, pendiri Chikara Global yang berasal dari UEA, mengatakan bahwa majelis menjadi tempat partisipasi para ahli dan pemuda untuk memulai dialog tentang masa depan komunitas. Meta Majlis secara virtual juga menampung perajin dari India yang bekerja di bidang pendidikan dan peningkatan keterampilan perempuan untuk membantu mereka menjadi bebas secara finansial.

"Para wanita dari Kashmir menunjukka pentingnya jangkauan digital dan cerita dengan menampilkan warisan budaya mereka di dalam hasil kerajinan mereka," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mungkinkah Menggabungkan Dunia Nyata & Virtual?


(Lynda Hasibuan/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading