Cara Beli Baju dan Rumah di Metaverse, Pakai Apa Bayarnya?

Tech - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
23 December 2021 13:53
metaverse

Jakarta, CNBC Indonesia - Metaverse masih terus menjadi topik hangat yang jadi bahan perbincangan di kalangan pecinta teknologi dunia. Singkatnya, metaverse bisa memungkinkan para pengguna internet melakukan aktivitas secara virtual dengan tampilan 3 dimensi termasuk aktivitas membeli dan memiliki tanah.

Metaverse ini awalnya digemparkan oleh perusahaan Facebook dan ternyata bukan hanya perusahaan milik Mark Zuckerberg saja yang mulai mengembangkan dunia virtual metaverse. Melainkan banyak perusahaan lain di bidang ini yang ikut bergerak mengembangkan dunia metaverse.

Cara Beli Baju dan Rumah di Metaverse

Walaupun saat ini Anda berada di Indonesia, Anda juga sudah bisa melakukan transaksi beli baju dan rumah melalui metaverse ini. User bisa berbelanja pakaian dan membangun rumah besar di dunia metaverse.

Memang untuk melakukan transaksi di metaverse sedikit sulit. Namun, cara untuk membeli baju dan tanah atau rumah di metaverse ini bisa dipelajari. Mari kita bahas satu per satu.

1. Transaksi Pembayaran di Metaverse

Untuk melakukan buka akun dan transaksi di platform metaverse, user diminta untuk menyiapkan dompet kripto yang akan menampung semua mata uang digital. Salah satu dompet populer yang sering digunakan adalah dompet MetaMask

Dompet kripto MetaMask bisa diatur dan diunduh melalui ponsel atau ekstensi browser Google Chrome. Dengan dompet ini, Anda bisa melakukan transaksi seperti menukar uang ke dalam mata uang kripto menggunakan kartu debit atau kartu kredit.



2. Jenis Kripto Yang Digunakan Metaverse

Jenis kripto yang digunakan pada dunia metaverse ini tergantung dari platform yang Anda gunakan untuk menjelajah dunia baru. Setiap platform metaverse memiliki token kripto tersendiri yang digunakan untuk melakukan transaksi. Adapun jenis kripto yang biasa digunakan pada platform metaverse adalah sebagai berikut:

Ether (ETH): Biasanya digunakan untuk jual beli tanah digital di dunia metaverse.

MANA: Cryptocurrrency asli yang ada di Decentraland Marketplace untuk jual beli tanah, avatar, barang seperti pakaian, aksesoris dan berinteraksi dengan pengguna lainnya. MANA akan memberikan Anda kemampuan untuk memilih spek tertentu dari permainan, seperti kegiatan lelang NFT dan pembaruan kebijakan.

SAND: Kripto ini mirip dengan MANA yang bisa digunakan untuk jual beli tanah, bermain game atau melakukan lelang NFT di Sandbox Marketplace.

AXS: Cryptocurrency yang digunakan pada platform game populer Axis Infinity. Bisa dibeli melalui bursa crypto dan juga pemain bisa mendapatkan token AXS dengan membiarkan hewan peliharaan digital (Axies), NFT unik, digunakan untuk bersaing pada pertandingan dan turnamen.

3. Cara Ubah Uang Jadi Crypto

Ada beberapa platform yang populer untuk membeli cryptocurrency metaverse, salah satunya adalah Binance, Gemini dan Coinbase. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengkonversi mata uang fiat ke kripto metaverse yang Anda butuhkan.

Apabila Anda sudah memiliki cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ether, Anda bisa langsung menukarkannya dengan token metaverse yang Anda butuhkan.

4. Beli Tanah atau Rumah di Decentraland

Jika Anda ingin melakukan transaksi jual, beli atau sewa tanah dan rumah silahkan gunakan marketplace resmi Decentraland dengan langkah berikut ini:

Kunjungi Decentraland Marketplace.

Lalu silahkan Anda pilih tanah virtual yang tersedia.

Anda bisa melihat harga tanah melalui token MANA, informasi ketersediaan dan nama pemiliknya.

Silahkan klik buy untuk melakukan transaksi pembelian.

Hubungkan dompet Anda ke Decentraland Marketplace karena tanah akan dikirim ke dompet Anda sebagai NFT setelah transaksi jual beli berhasil dan selesai. Jika belum memilikinya, silahkan download dompet Anda di MetaMask dan Trust Wallet.

Lakukan konfirmasi LAND virtual Anda.

Konfirmasi LAND virtual di dompet digital Anda.

Lakukan pembayaran dengan menggunakan mata uang kripto.

5. Beli Tanah atau Rumah di Earth 2.io

Selanjutnya, Anda bisa melakukan transaksi jual beli tanah, rumah dan barang lainnya menggunakan Earth 2.io Marketplace dengan cara di bawah ini:

Silahkan kunjungi laman Earth 2.io dan lakukan pendaftaran.

Anda bisa melakukan survei lahan yang akan dibeli.

Jika sudah menemukan, silahkan klik buy land pada homepage.

Tentukan petak tanah yang Anda inginkan.

Tipa petak tanah yang Anda pilih akan menunjukkan jumlah petak yang bisa dibeli per properti maksimal transaksi 750 petak dengan harga yang bervariasi.

Jika sudah fix, silahkan bayar tanah yang akan dibeli dengan klik Buy Now.

Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan PayPal.

Bagaimana? Apakah dengan informasi di atas mengenai jual beli tanah dan barang, membuat Anda tertarik untuk investasi properti di dunia metaverse?



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mungkinkah Menggabungkan Dunia Nyata & Virtual?


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading