Token Digital NFT Mulai Menjamur di Indonesia, Ini Buktinya!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 December 2021 14:30
Peluncuran NFT Gundala dan Sri Asih

Jakarta, CNBC Indonesia - Tren NFT atau Non-fungible Token mulai masuk ke Indonesia. Sejumlah pihak memperkenalkan produknya berbasis NFT tersebut.

Beberapa diantaranya menjual dari karakter komik hingga lukisan. Misalnya saja Bumi Langit yang menjual karyanya lewat NFT. Mereka baru saja memperkenalkan melalui dua karakter yakni Gundala dan Sri Asih.

Sebelumnya juga ada Syahrini yang juga ikut menjual karyanya lewat NFT. Bahkan dikabarkan NFT pertama penyanyi itu sudah ludes terjual.


Informasi saja, NFT merupakan salah satu aset digital yang menggambarkan objek asli. Objek tersebut bisa berupa karya seni, video hingga foto. Dengan NFT sebuah aset akan dapat diverifikasi keasliannya atau originalitasnya.

Lalu apa saja NFT yang ada di Indonesia? Berikut beberapa diantaranya yang dirangkum CNBC Indonesia:

Peluncuran NFT Gundala dan Sri AsihFoto:Peluncuran NFT Gundala dan Sri Asih (CNBC Indonesia/Novina Putri Bestari)

1. Bumilangit

PT Bumilangit Digital Mediatama baru saja memperkenalkan karya seni digital berbasis NFT dengan dua karakter yakni Gundala dan Sri Asih. Untuk dua karakter itu diterbitkan secara terbatas Gundala sebanyak 365 unit dan 381 unit NFT Sri Asih.

NFT keduanya ada di platform OpenSea dan bisa dicek di www.bumilangitdigital.com/nft. Karya tersebut dihadirkan dalam bentuk 'video/gif/image' dengan harga 0,02 ETH atau sekitar US$80.

Budiasto Kusuma, Direktur Utama Bumilangit Digital Mediatama menjelaskan upaya NFT ini menjadi cikla bakal aset digital pada platformnya. Misalnya digunakan untuk game, komik, dan interaksi didalamnya.

"Dulu ada barrier belum ada teknologi karya dihargai lagi di digital. Konten kreator dibuat komik, dengan NFT sky is the limit, memberikan royalti tidak ada batasnya kita kejar. Mengamankan aset yang sudah asetnya," ujarnya saat press conference "Bumilangit NFT Collections", Jakarta, Selasa (21/12/2021).

2. Syahrini

Syahrini juga ikut demam NFT dengan menjual Syahrini's Metaverse Tour. Penyanyi tersebut meluncurkan Binance NFT pada 14 Desember lalu dan disebutkan ludes terjual alias sold out.

Dia menjualnya dengan harga 20 BUSD atau sekitar US$19,99. Selain Metaverse Tour, Syahrini juga menawarkan NFT Games.

3. Ridwan Kamil

Ridwan Kamil sempat buka suara soal NFT, yang dia menyebutkan menjadi cara baru dari seorang pemimpin untuk bisa membuat sejahtera pelaku ekonomi kreatif. Mereka sebelumnya menjual produk seni lewat galeri atau jalanan, dengan NFT maka skalanya akan naik.

Dia juga bercerita mengajak Solihin seorang pelukis di Jalan Braga Bandung. Gubernur Jawa Barat itu memilih satu karya Solihin dan dimasukkan ke marketplace OpenSea.

"Nanti kita lihat, kalau berhasil jadi cerita. Inilah ekonomi baru. Karena saya pemimpin yang memproduksi karya kreatif berupa lukisan maka diupload di NFT. Juga anak saya, kenapa, karena dia generasi yang akan paham dan menjadi ekosistem di masa depan," kata Ridwan Kamil, pada November lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Banyak Orang Terjun ke NFT, Gimana Prospeknya di Indonesia?


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading