Wah! Seoul Berambisi Jadi Kota Metaverse Pertama di Dunia

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 December 2021 14:55
Seoul

Jakarta, CNBC Indonesia - Seoul punya keinginan jadi kota Metaverse pertama di dunia dengan berencana membangun platform untuk 'komunikasi tanpa kontak' di akhir tahun 2022 mendatang.

Dalam pengumuman pada September, Walikota Oh Se-hoon hadir dengan avatar virtual khas Metaverse. Saat itu dia berbicara jika ada tuntutan perubahan dalam cara melayani publik.

"Revolusi industri keempat dan ledakan budaya 'tidak bijaksana' selama korona, menuntut perubahan dalam cara kami memberikan layanan publik dengan membangun platform Metaverse Seoul," kata Oh Se-hoon, dikutip dari Metro, Senin (20/12/2021).


Proyek Metaverse adalah bagian dari rencana 10 tahun Oh Se-hoon, di mana Seoul ingin ditempatkan sebagai pusat global untuk teknologi baru. Dalam lima tahun, proyek tersebut menelan biaya hampir US$34 juta.

Proyek dengan nama sementara Metaverse Seoul ini bertujuan menciptakan ekosistem Metaverse untuk administrasi kota tersebut dalam tiga tahap dan akan dimulai tahun depan. Salah satu event terdekat dengan teknologi ini adalah acara Malam Tahun Baru, yakni dengan membunyikan lonceng tradisional Bosingak dalam platform Metaverse.

Sementara buletin pemerintah setempat mengatakan dua tahun lalu akan membuat layanan publik virtual dan dilayani oleh avatar pejabat publik.

"Pada tahun 2023, SMG (Seoul Metropolitan Government) akan membuat 'Metaverse 120 Center' sebuah pusat layanan publik virtual dikelola oleh avatar pejabat publik," tulis pemerintah Seoul.

Selain itu, konsultasi dan layanan sipil yang tersedia hanya di Balai Kota juga akan dialihkan ke dunia Metaverse. Seoul juga akan menyediakan fasilitas pendukung bisnis pada platform Metaverse. Misalnya Kantor Walikota Virtual, Lab Fintech Seoul, Invest Seoul, dan Kota Kampus Seoul.

Di industri pariwisata juga akan memperkenalkan 'Virtual Tourist Zone', mulai 2023 wisatawan bisa mengunjungi festival utama Seoul di Metaverse, seperti Gwanghwamun Plaza, Istana Deoksugung, dan Pasar Namdaermun.

Dalam rencananya, penduduk Metaverse Seoul dapat membuat pemesanan fasilitas yang dikelola kota, naik bus wisata kota, mengunjungi pembuatan ulang situs bersejarah, hingga mengajukan keluhan administrasi dengan birokrat kota.

Metaverse Seoul diharapkan bisa selesai tahun 2026 dan diluncurkan secara bertahap mulai tahun depan. Secara bertahap akan tersedia di smartphone hingga dapat digunakan pada alat augmented reality misalnya kacamata dan pengontrol.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat Nih! 2022 akan Jadi Tahun Terbesar untuk Metaverse


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading