Ini yang Terjadi Jika Internet Tak Pernah Ditemukan

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 April 2022 08:05
FILE PHOTO: A lock icon, signifying an encrypted Internet connection, is seen on an Internet Explorer browser in a photo illustration in Paris, France April 15, 2014.  REUTERS/Mal Langsdon/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Internet sudah jadi kebutuhan penting masyarakat dunia saat ini. Semua aktivitas mulai dari sekolah, bekerja, hingga kegiatan sehari- hari terhubung dengan internet. Lalu bagaimana jika internet tak pernah ada?

Kemungkinan dunia akan jauh lebih sederhana dari yang terjadi saat ini. Bisa juga aktivitas sehari-hari zaman modern ini tak berbeda dengan yang terjadi berpuluh-puluh tahun lalu.

Perusahaan keamanan siber CSO menuliskan salah satu yang pasti manusia akan saling berbicara satu sama lain. Bukan lagi terputus dan terisolasi di dunia maya.


Tanpa bantuan internet, maka mobil modern mirip dengan yang ditemukan pada pertengahan atau awal tahun 80-an.

Penggunaan buku telepon masih ada jika dunia tanpa internet. Selain itu formulir pemesanan online atau permintaan email tak akan pernah ada, seperti dikutip Rabu (20/4/2022).

Komunikasi utama akan menggunakan surat tradisional. Tagihan-tagihan akan berbentuk tulisan tangan dan dibayarkan dengan uang tunai atau cek yang dikeluarkan oleh bank.

Masyarakat dunia tak akan pernah mengenal istilah internet banking tanpa keberadaan internet. Di sisi lain, kejahatan siber seperti penipuan phishing pun tidak akan pernah terjadi dan menjerat banyak orang.

Perkenalan lewat media sosial pun tak pernah terjadi. Jika seseorang ingin berkenalan dengan orang lain, jalan satu-satunya tanpa internet adalah dengan berbicara langsung atau menghubunginya lewat telepon umum.

Ini berbeda dengan yang terjadi sekarang. Seseorang hanya tinggal membuka salah satu media sosial, mencari orang yang ingin diajak berkenalan atau berkomunikasi, dan kirim pesan melalui platform itu tanpa harus bertemu langsung.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sedih Enggak? Kecepatan Internet RI Paling Lambat di ASEAN


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading